Sirah dan Sejarah Tokoh

Sort By:

Rp 33.000
Rp 28.050Rp 28.050

10 Orang dijamin Masuk ke Surga

Detail

Judul : 10 Orang dijamin Masuk ke Surga
Penulis  : Abdullatif Ahmad 'AAsyur
Penerbit        : Gema Insani Press
Isi : - Halaman
ISBN : 979-979-5611980
Ukuran : 12 cm x 18 cm

Sinopsis 

Buku ini merangkum biografi 10 Sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang dijamin masuk surga. Mereka adalah manusia terbaik di kalangan kaum Quraisy, sosok terbaik di kalangan pemeluk Islam generasi awal, terbaik di kalangan kaum muhajirin (yang hijrah ke Madinah), terbaik di kalangan pasukan perang Badar, terbaik di kalangan para pembai’at Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan pemuka umat ini baik di dunia maupun di akhirat.

Kesepuluh shahabat tersebut adalah Abu Bakar, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abu Thalib, Abu Ubaidah bin Jarrah, Abdurrahman bin Auf, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa’id bin Zaid dan Sa’ad bin Abi Waqqash.

Semoga ketakwaan, kesalehan dan keteguhan yang dimiliki oleh para shahabat mulia ini dapat dijadikan teladan bagi umat islam khususnya generasi muda islam, sehingga kelak akan menghantarkan mereka menjadi generasi penerus Islam yang tangguh, tokoh kebanggaan dunia dan penghias lembaran sejarah sepanjang zaman.

Baca juga Buku 30 Shahabat Nabi yang Dijamin Surga

Rp 99.000
Rp 79.200Rp 79.200

101 Sahabat Nabi Jilid 1

Detail

Judul  : 101 Sahabat Nabi Jilid 1
Penulis  : Hepi Andi Bastoni
Penerbit      :  » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 604 Halaman
ISBN : 979-592-2033
Ukuran : 16 x 24 cm

Sinopsis

Umat Islam dewasa ini mengalami krisis, bukan krisis material semata tapi telah merambah pada krisis mental, spiritual dan kejiwaan.

Dahulu umat Islam adalah umat yang memiliki muwashafat (karakterisitik). Mereka berjiwa patriotik, berakhlak mulia kharismatik, rela berkorban, semangat baja, berani membela kebenaran dan sifat-sifat lainnya yang tidak baru dalam tradisi sejarah Islam.

Namun semua mulai luntur, bahkan anjlok ke titik nadir kenistaan. Salah satu faktor keterpurukan adalah umat Islam jauh dari sejarahnya.

Buku 101 sahabat yang dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami ini, mencoba membuka sejarah yang bukan teoritis semata dan dibatasi ruang waktu. Tapi lebih dari itu meguak hikmah, pelajaran, nasihat dan suri teladan bagi kehidupan sekarang yang tengah dilanda berbagai krisis multidimensional.

Semoga buku ini menjadi oase di kegersangan kehidupan yang semakin tandus. 

Rp 99.000
Rp 79.200Rp 79.200

101 Sahabat Nabi Jilid 2

Detail

Judul  : 101 Sahabat Nabi Jilid 2 
Penulis  : Hepi Andi Bastoni
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi  : 548 Halaman
ISBN : 978-979-592-5866
Ukuran      : 15,5 x 24 cm

Sinopsis

Ibarat mata air, keteladanan dari sahabat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam seolah tak terbatas. Apalagi jika melihat dari jumlah mereka yang cukup banyak. Merekalah orang-orang yang menjadi kader utama Rasulullah dalam mengemban risalah Islam. Merekalah para sahabat Radhiyallahu Anhum, yang diridhai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Merekalah mutiara yang berkilauan di tengah krisis keteladanan. Nah, buku ini bisa disebut sebagai lanjutan dari buku 101 Sahabat Nabi yang sudah terbit sebelumnya. Selain menampilkan sosok-sosok popular, buku ini juga menyajikan 'tokoh-tokoh baru' yang jarang dikupas dalam buku-buku sejarah.

Selain narasi biografi 101 Sahabat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, buku ini juga dilengkapi dengan untaian "hikmah di balik kisah" pada setiap akhir cerita. Ini untuk memudahkan para pembaca dalam mengambil ibraqh pada setiap kisah. Hikmah yang diambil dari kisah ini, tak hanya dari satu sisi, tetapi juga dari beragam bidang; politik, sosial, ekonomi, fikih ibadah, dan lain sebagainya.

Petikan hikmah pada kisah para sahabat Nabi ini diharapkan bisa menjadi inspirasi dan cermin atas penyelesaian masalah yang kini tengah kita hadapi. Generasi terbaik yang hidup semasa dengan manusia terbaik ini (Muhammad Shallallahu Alaihi wa sallam), tak hanya memberikan teladan bagaimana menjalankan ibadah yang baik. Mereka juga mengajarkan bagaimana mengatasi berbagai persoalan hidup yang kini datang melanda bertubi-tubi. Petikan-petikan kisah dan hikmah dalam buku ini sangat sayang jika Anda lewatkan!

Rp 30.000
Rp 24.000Rp 24.000

30 Shahabat Nabi yang Dijamin Surga

Meneladani Potret Hidup Insan Pilihan di sisi Nabi saw

Detail

Judul : 30 Shahabat Nabi yang Dijamin Surga
Penulis  : Dr. Musthafa Murad
Penerbit        : Insan Kamil
Isi : - Halaman
ISBN : 979-1296-43-x
Ukuran : 14 cm x 21 cm

Sinopsis 

Menyimak potret hidup sahabat Rasulullah SAW sangatlah menarik apalagi kita mampu meneladaninya di tengah padang gersang kehidupan kini yang penuh dengan ujian. Rasulullah SAW yang disebut Allah SWT sebagai sebaik-baiknya teladan atau uswatun hasanah mampu menanamkan nilai yang sangat mendalam sehingga mengantarkan para sahabat tersebut menjadi insan mulia yang tidak hanya meneladaninya tetapi juga membuat prestasi gemilang yang dicatat sejarah dengan ciri khasnya masing-masing.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin sharing tentang buku yang judulnya sesuai dengan judul tulisan saya di atas “30 Sahabat Nabi SAW Yang Dijamin Surga-Meneladani Potret Hidup Insan Pilihan Di Sisi Nabi SAW” karya  Dr. Musthafa Murad. Buku ini menarik, kenapa karena yang selama ini saya kenal adalah 10 sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga tapi di buku ini menyebutkan 30 sahabat yang dijamin surga, sungguh amazing…

Buku 30 sahabat Nabi yang dijamin Surga itu diantaranya adalah : Abu bakar Ash Shidiq, Umar Bin Khattab, Ustman Bin Affan, Ali Bin Abi Thalib, Thalhah Bin Ubaidillah, Az Zubair Bin Al ‘Awwam, Abdurrahman Bin Auf, Sa’ad Bin Abi Waqqash, Sa’id Bin Zaid Bin Amru Bin Nufail, Abu Ubaidillah Bin Jarrah, Khadijah binti Khuwailid, Fathimah Binti Rasulullah, Bilal Bin Rabah, Ja’far Bin Abi Thalib, Ukkasyah Bin Mihshan,, Hafshah Binti Umar, Haritsah Bin Suraqah dll.

Kalau menyimak satu per satu kisah sahabat di buku ini memang para sahabat tersebut memiliki keistiomewaan masing-masing yang sekaligus juga menjadi kekuatan kepribadiannya. Tapi diantara keistimewaan tersebut ada ciri khas yang hampir sama yaitu, Mereka mencintai Allah dan Allah pun mencintainya.

Mereka Mencintai Allah dan Allah pun Mencintainya

Mereka adalah orang-orang pilihan yang senantiasa menempatkan Allah di atas segalanya, ibadah adalah jalan hidupnya yang dilakukan penuh kekhusyu’an di setiap waktunya. Dan seakan-akan Allah SWT berfirman kepada mereka, “Sesungguhnya ada hamba dari hamba-hamaba-Ku yang mana mereka mencintai-Ku dan Aku pun mencintai mereka, mereka merindukan-Ku dan Aku pun merindukan mereka, mereka mengingat-ku dan Aku pun mengingat mereka, mereka melihat-Ku dan Aku pun melihat mereka”.

Mereka adalah orang-orang yang menyukai pekerjaan yang disukai Allah SWT sebagai bukti cintanya pada Allah SWT, diantaranya adalah taubat. Allah berfirman dalam QS Al Baqarah : 222, “…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.

Mereka juga gemar berjihad, karena jihad adalah perintah Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT, “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur….” (QS Ash Shaff : 4)

Agar kita mendapatkan cinta dari Allah SWT, maka kita haruslah mengikuti apapun yang diperintahkannya, diantaranya disebutkan dalam QS Ali Imran : 31, “Katakanlah, Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu….”.

Sebagaimana juga diterangkan dalam hadits yang shahih dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT berfirman, Tidaklah seorang hamba senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah (nawafil), sehingga Aku mencintainya.”

Rp 72.000
Rp 57.600Rp 57.600

30 Sirah Tokoh Wanita Tabi'in 

Detail 

Judul  : 30 Sirah Tokoh Wanita Tabi'in 
Penulis  : Ahmad Khalil Jum'ah
Penerbit  : » Al-I'tishom
isi : -
ISBN : 978-979-3071-76-3
ukuran          : 16,5 x 24 cm

Sinopsis :

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.“ (At-Taubah: 100)

Rasulullah saw bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang seabad denganku (sahabat), kemudian, golongan setelah mereka, kemudian golongan setelah mereka.”

Para tabi’in mengambil ilmu mereka langsung dari para sahabat, sedangkan para sahabat langsung mendapatkan ilmu dari Rasulullah saw. Buku ini memuat tentang 30 sirah tokoh wanita tabi’in, yaitu: ‘Aisyah binti Thalhah, Fathimah binti Al-Husain, Maisun binti Bahdal, Hindun binti Al-Muhallab, Arrabab binti Imril Qais, Shafiah binti Abi Ubaid dll.

Rp 85.000
Rp 68.000Rp 68.000

60 Sirah Sahabat


Sepanjang sejarah manusia, kesetiaan, kejujuran, dan kesungguhan dalam mencapai tujuan hidup yang tinggi dan luhur belum pernah dapat disaksikan kembali sebagaimana yang telah diabadikan oleh sejarah islam dan tokoh-tokohnya pada kurun waktu yang lalu.  Siapapun yang menelusuri jejak perjalanan hidup para sahabat akan melihat sosok-sosok manusia dengan prestasi yang luar biasa.
Manusia yang mampu membangkitkan semangat juang di jalan Allah dan menyempurnakan kesabaran mempertahankan keislaman mereka saat ujian dan futnah mendera bertubi-tubi. Kepribadian mereka yang agung dapat menghidupka hati setiap orang yang membaca kisah mereka.


Tidak ada satupun di antara mereka, kecuali telah melukiskan sejarah keharuman pribadi-pribadi yang mesti dijadikan teladan.

Rp 70.000
Rp 59.500Rp 59.500

Abu Bakar As Siddiq

( Sebuah Biografi Dan Studi Analisis tentang Permulaan Sejarah Islam Sepeninggal Nabi )

Detail 

Judul  : Abu Bakar As Siddiq 
Penulis  : Muhammad Husain HAEKAL  
Penerbit     : Litera AntarNusa
Isi : 422 Halaman
ISBN : 978-979-8100-291
Ukuran : 16 x 24 x 3 cm

Sinopsis

Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya uslub pengarang yang terkenal khas.

Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang dianjurkan Nabi dipertahankan oleh para sahabat; bagaimana Abu Bakr, Umar; dan Khalid sebagai jenderal ang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh displin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat kepemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan displin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenai Khalid bin al-Walid, 'Amr bin al-'As, sekaligus dapat kita lihat Islam di barat daya masa itu.

Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psikologi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

Dengan membaca Sejarah Hidup Muhammad sedikit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biografi yang teliti dan punya kesabara mengamati sampai soal-soal yang sekecil-kecilnya. Soal pengumpulan Qur'an dibahasa terinci. Tidak sekadar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep negara dan pemerintahan Islam, dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam juka setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya? Itulah pertanyaaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini...

Habis
Rp 28.000
Rp 22.400Rp 22.400

Air Mata Presiden Mursi

Tragedi Kudeta Militer 3 Juli 2013

Detail

Judul  : Air Mata Presiden Mursi
Penulis    : AM. WASKITO
Penerbit    : » Pustaka Al-Kautsar •
Isi : 137 Halaman
ISBN : 978-979-592-6405
Ukuran : 13.5 x 20.5 cm

Sinopsis 

Presiden Muhammad Mursi yang baru saja digulingkan oleh rezim militer Mesir merupakan satu-satunya Presiden dari kalangan sipil yang dipilih secara demokratis. Presiden Mursi juga merupakan Presiden satu-satunya di dunia yang hafal Al-Qur’an. Sayangnya kekuasaannya begitu cepat direnggut oleh komplotan liberal sekuler, kaki tangan mantan Presiden Mubarak dan Militer yang dibantu oleh kekuatan Amerika.

Nampaknya di kalangan Islam-Phobia lebih enjoy hidup dipimpin oleh rezim militer yang korup dan menindas daripada dipimpin tokoh Islam. Buktinya penggulingan Presiden Muhammad Mursi yang baru terjadi dapat terwujud karena mereka saling bersinergi. Sayangnya di kalangan Islam sikapnya tidak satu suara. Ada juga kalangan Islam yang mendukung penggulingan ini dengan berbagai dalih.

Buku kecil ini mencoba membela keberadaan Presiden Mursi dari sisi syariah dan ilmiah. Bukan pembelaan yang cengeng apalagi membabi-buta. Tragedi kudeta militer menjadi catatan hitam sejarah yang menghadang gerakan Politik Islam di Mesir. Namun kisah ini belum berakhir, kita tunggu saja endingnya.

Habis
Rp 93.500
Rp 74.800Rp 74.800

Aisyah

Detail

Judul  : Aisyah 
Penulis  : Sulaiman An-Nadawi
Penerbit  : Pena Ilmu Dan Amal
ISBN : 978 979 3855 46 2
Cover : Hard Cover
Ukuran : 16 x 24,5 x 2,5 cm

Sinopsis :

"Aisyahkah diri kita, para perempuan Indonesia? Kita kaum perempuan sebenarnya adalah cantik dan cerdas, seperti Aisyah. Namun mampukah kita sebagai perempuan, hadir seperti beliau yang memperjuangkan eksistensi, bukan hanya sub elemen bagi kaum pria, namun tetap meletakkan suami sebagai imam dalam rumah tangga. Perempuan mumpuni kekasih Allah yang dalam kapasitasnya sebagai khalifatullah, baik di dalam maupun diluar rumah, mampu melakukan banyak hal bagi umatnya-menjujurkan keadilan, membingkai politik dengan hukum, serta menyebarkan bahasa kasih ke seluruh penjuru bumi." (Marissa Haque)

"Cantik, cerdas, suci, lembut tapi berani dan di cintai oleh suami terbaik. Semua hal yang diinginkan oleh perempuan bisa dilihat dalam sosok Aisyah. Buku ini sangat bagus untuk di baca oleh remaja muslimah yang sedang mencari panutan. Dalam buku ini digambarkan bahwa beliau lebih baik dan hebat dari banyak laki-laki pada zamannya. Artinya, kita juga bisa khan?" ( Zaskia Adya Mecca )

"Buku sirah terlengkap mengenai sayyidah Aisyah r.a. sekaligus membahas hadits-hadits dhaif dan pandangan oriental mengenai dirinya. Buku ini bacaan wajib bagi muslimah setelah khadijah; The True Love Story Of Muhammad Saw. Kita akan diperkenalkan kepda sosok perempuan tercerdas sepanjang masa dan kekasih tercinta rasulullah saw." (Anneke Putri)

Aisyah : Sejarah Lengkap Kehidupan Ummul Mu'minin 'Aisyah R.A

Detail

Judul  : Aisyah : Sejarah Lengkap Kehidupan Ummul Mu'minin 'Aisyah R.A
Penulis       : Sulaiman an-Nadawi
Penerbit  : Qisthi Press
Isi : - Halaman
ISBN : 978-979-1303-07-01
Ukuran  : 16 x 24 cm

Sinopsis

Karya yang ditulis pada tahun 1908 oleh Sayyid Sulaiman an-Nadawi, seorang ulama besar India ini merupakan satu-satunya buku Biografi sosok Aisyah r.a. yang paling lengkap hingga saat ini.

Dengan gaya sastrawinya yang khas dan lugas, penulis menyuguhkan seluruh keistimewaan dan sifat Aisyah r.a. dalam berbagai bidang ilmu: fikih, hadis, tafsir, ilmu syariat, sastra, syair, kisah-kisah, ilmu genetika, dan kedokteran.

Lebih menariknya lagi, selain memaparkan pelbagai realitas sejarah dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Aisyah, buku ini juga mengupas tentang berbagai teladan yang dicontohkan Aisyah sebagai seorang istri Rasulullah s.a.w. dan perannya sebagai Ummul Mukminin

Pemaparan sisi-sisi intelektualitas, romantisme, dan heroisme Aisyah itulah yang menjadikan karya ini patut menjadi kiblat penulisan biografi tokoh-tokoh penting lainnya. Apalagi, semua itu merupakan hasil analisa ilmiah dan studi historis yang komprehensif.

Rp 80.000
Rp 68.000Rp 68.000

Ali Bin Abi Talib

(Sampai kepada Hasan dan Husain)

Detail

Judul  : Ali Bin Abi Talib 
Penulis  : Muhammad Husain HAEKAL
Penerbit      : Litera AntarNusa
Isi : 442 Halaman
ISBN : 978-979-8100-420
Ukuran : 16 x 24 x 3 cm

Sinopsis

Ali termasuk salah satu dari sepuluh sahabat Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam yang dijamin masuk surga. Kecerdasannya pun diakui oleh Nabi. Hanya dia di antara al-Khulafa'ar-Rasyidun yang meninggalkan sebuah karya monumental,'Nahj al-Balagah'.

Sejarah membuktikan, bahwa Ali adalah tokoh muda pemberani masa itu; sebagai 'tameng hidup' Nabi ketika berangkat hijrah; membuat ciut nyali musuh dalam beberapa peristiwa penting; serta penakluk benteng Khaibar. Kontroversi mengenai dirinya pun tak kalah hebatnya; pengangkatan kekhalifahan setelah nabi; kematian Usman bin Affan; pemberontakan dua kelompok oposisi, Aisyah dan Mu'awiyah; hingga terbunuhnya Ali di tangan Ibn Muljam seorang Khawarij.

Biografi ini insya Allah bersih dari segala kepentingan dan tidak memihak salah satu kelompok mana pun karena ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta bukan hanya bersifat deskriptif, melainkan juga studi analisis. Hal tersebut lebih tampak ketika memasuki babak baru setelah Ali, yakni peristiwa penting kehidupan kedua putranya Hasan dan Husain, sejak kelahirannya hingga dewasa. Pengaruh, kekuasaan serta peranan Basrah dan Kufah, berhadapan dengan Yazid serta nasib Husain. Mengapa terjadi demikian, dan bagaimana akhirnya?

Semua ini dikupas tuntas disertai analisa yang tajam dari penulisnya, Ali Audah. Dia lebih dikenal sebagai sastrawan dan budayawan yang telah mengantarkan empat seri toko sejarah Islam (Best Seller) karya Muhammad Husain Haekal, yakni Sejarah Hidup Muhammad, Abu Bakr as-Siddiq, Umar bin Khattab dan Usman bin Affan. Sehingga dengan hadirnya buku ini, menambah kelengkapan koleksi buku biografi sebelumnya. 

Rp 175.000
Rp 157.500Rp 157.500

Api Sejarah 1 

Judul : Api Sejarah Jilid 1
Penulis : Ahmad Mansur Suryanegara
Penerbit : Suryadinasti
Tebal : 584 Halaman

Sinopsis :

AHMAD Mansur Suryanegara menerbitkan buku baru berjudul “Api Sejarah: Mahakarya Perjuangan Ulama dan Santri dalam Menegakkan NKRI”. 

Dosen luar biasa di jurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung dan UNPAD ini kembali membuka persoalan sejarah yang ditutup oleh rezim Orde Baru.

Sebagai informasi, buku “Api Sejarah” ini isinya membongkar sejarah yang disembunyikan, khususnya kezaliman kaum nasionalis dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, penghilangan jejak peran ulama dan organisasi Islam dalam menegakkan NKRI, dan membongkar perselingkuhan kaum priyayi dengan penjajah Belanda.

Pasti sangat mengagetkan. Mengapa? Karena jika dilihat dari tinjauan ilmu sejarah, karya Pak Mansur ini bisa disebut sebagai historiografi politik Islam Indonesia versi sejarawan lokal. Kebenaran isinya, tentu sangat tergantung dari data, fakta, dan analisa serta tafsir yang digunakannya. Pastinya akan “mengagetkan” mereka yang selama ini menjadikan buku-buku sejarah versi Nugronotosusanto, Asvi Warwan, Sartono Kartodirjo, dan lainnya, sebagai buku yang valid dalam sejarah Indonesia.

Mengapa mengagetkan? Karena isi buku ini menggabungkan antara sejarah Indonesia versi nasional dengan versi Islam. Salah satunya “gugatan” tentang hari kebangkitan nasional dan pembeberan beberapa organisasi pergerakan Indonesia yang sebenarnya tidak berjuang untuk Indonesia, tetapi untuk penjajah.

Si penulis menguraikan, didirikannya Boedi Oetomo adalah untuk menandingi gerakan umat Islam yang bernama Jamiat Choir (hal.319) dan Serikat Dagang Islamiyah di Bogor sebagai tandingan dari Syarikat Dagang Islam (hal.326) yang kehadirannya mengkhawatirkan eksistensi perekonomian dan kepentingan imperialisme Belanda. Juga tafsirnya tentang sang saka “Merah Putih” sebagai bendera Rasulullah saw.

Bahkan, Ahmad Mansur Suryanegara juga menyajikan fakta tentang penghinaan terhadap Rasulullah saw yang dilakukan Partai Indonesia Raja (Parindra) pimpinan Dr.Soetomo dengan menurunkan artikel di Madjalah Bangoen, 15 Oktober 1937 (hal.508). Lebih banyak lagi persoalan sejarah yang dibongkar dalam buku Api Sejarah ini.

Pendeknya, buku yang lebih dari 600 halaman ini dapat disebut semacam penulisan ulang sejarah Indonesia baru atau membongkar historiografi nasional Indonesia yang ditulis para sejarawan istana. ***

Rp 185.000
Rp 166.500Rp 166.500

Api Sejarah 2

Judul  : Api Sejarah Jilid 2
Penulis  : Ahmad Mansur Suryanegara
Penerbit  : Suryadinasti
Tebal :

Sinopsis :

 

Telah terbit, buku API SEJARAH 2, buku yang akan menuntaskan kepenasaran anda akan kebenaran sejarah Indonesia

API SEJARAH 2 merupakan jilid ke-2 dari bestseller API SEJARAH yang mengungkap semua fakta yang tersembunyi dan disembunyikan tentang mahakarya Ulama dan Santri dalam menegakkan NKRI.

Buku yang sungguh berani ini, pernah dinyatakan hilang dan terancam tidak jadi terbit ketika draft naskahnya "dicuri" oleh "peminjam tanpa permisi" saat seminar API SEJARAH di Gedung Juang '45, Pemerintah Kotamadya Sukabumi.

Melalui buku API SEJARAH 2 ini, Ahmad Mansur Suryanegara membongkar upaya deislamisasi penulisan sejarah Indonesia yang sudah berlangsung lama, sekaligus merumuskan rasa kepenasaran Anda akan kebenaran sejarah bangsa Indonesia.

Rp 159.000
Rp 127.200Rp 127.200

Ar-Rahiq Al-Makhtum : Sirah Nabawiyah

Juara 1 Penulisan SIRAH NABAWIYAH Muslim World League

Detail

Judul  : Ar-Rahiq Al-Makhtum : Sirah Nabawiyah
Penulis  : Syaikh Shafiyyurahman al-Mubarakfuri
Penerbit           : Ummul Qura (AQWAM)
Isi : 864 Halaman
ISBN : 978-602-98968-3-1
Ukuran  : 17,5 x 24,5 cm (HC)

Sinopsis

Adakah kita Mencintai Rasulullah saw?

Belajar sirah Nabi saw, Satu cara sebenar cinta Rasul

 

Banyak sudah buku yang membahas sisik melik kehidupan Rasulullah saw. Namun, buku yang satu ini telah mendapatkan sertifikasi internasional sebagai buku sirah Nabi terbaik. Kupasannya omplit, namun mudah dipahami; tidak bertele-tele. Mendokumentasikan kejadian demi kejadian dalam kehidupan Rasulullah saw - di mana beberapa buku sirah lain melewatkannya. Segala hal dan peristiwa yang ingin Anda ketahui dari kehidupan Nabi, ada di dalamnya. Riwayat yang digunakan penulis pun hanya berasal dari sumber yang otentik. Itulah mengapa kemudian Rabithah Alam Islami menetapkannya sebagai juara 1 lomba penulisan sirah Nabi.

Kini, beberapa versi terjemah Indonesia dari buku ini telah banyak diterbitkan. Namun, buku yang ada di tangan Anda ini memiliki kelebihan dibanding buku lainnya. Dilengkapi dengan takhrij riwayat Syaikh Al-Albani dan beberapa pakar hadits lainnya. Anda pun akan diajak turut serta dalam peristiwa yang dialami Rasulullah saw, dengan kehadiran peta-peta klasik saat itu. Sementara, CD interaktif yang berfungsi sebagai audiobook yang disertakan di buku ini semakin memudahkan Anda untuk paham fase demi fase kehidupan soosk yang wajib kita cintai ini.

Rp 159.000
Rp 127.200Rp 127.200

Bangkit dan Runtuhnya Andalusia

Jejak Kejayaan Perabadan Islam Di Spanyol

Detail

Judul  : Bangkit dan Runtuhnya Andalusia
Penulis  : DR. Raghib As-Sirjani
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 911 Halaman
ISBN : 978-979-592-6368
Ukuran : 15.5 x 24.5 cm

Sinopsis

Buku Bangkit dan Runtuhnya Andalusia

Sejarah Andalusia adalah kisah tentang kegemilangan kaum muslimin yang berhasil menaklukkan wilayah di benua Eropa, yang kemudian mengisinya dengan tinta emas kejayaan dan keunggulan peradabannya. Ketika wilayah Andalusia, yang saat ini terletak di Spanyol dan sebagian kecil Portugal berada di bawah kekuasaan kaum muslimin, jejak-jejak kecemerlangan peradaban mereka menjadi rujukan bangsa-bangsa Eropa. Banyak ilmuwan dan ulama yang ahli dalam berbagai bidang, yang kemudian menjadi pionir ilmu pengetahuan, serta menjadi acuan ilmuwan-ilmuwan Barat.

Andalusia, negeri yang indah dan eksotis, berada di bawah kekuasaan kaum muslimin, selama kurang lebih 800 tahun atau 8 abad lamanya. Dari tahun 92 H/711 M hingga tahun 797 H/1492 M. Kekhilafahan Islam dan dinasti-dinasti kaum muslimin berhasil mengubah wilayah di dataran Eropa itu menjadi simbol kegemilangan peradaban dan kekuatan kaum muslimin. Para sejarawan yang meneliti negeri Andalusia banyak menceritakan, bagaimana umat Islam yang bercokol di wilayah itu berhasil memberikan sumbangsih bagi peradaban dan ilmu pengetahuan ke segala penjuru di Eropa.

Jika hari ini kita mengenal kota-kota indah seperti Barcelona, Madrid, Valencia, Sevilla, Granada, Malaga, Cordova, dan sebagainya yang tersohor di Spanyol sebagai basis klub-klub sepak bola ternama serta menjadi tujuan wisata dunia, maka ketahuilah bahwa pada masa lalu kota-kota tersebut dihuni oleh kaum muslimin, dan berada di bawah pemerintahan Islam.

Kota-kota di Andalusia pada masa lalu juga menjadi pusat-pusat ilmu pengetahuan dengan berbagai perpustakaan yang megah dan ulama-ulama yang terkenal. Masjid-masjid berdiri megah, simbol-simbol keislaman tersebar di manamana. Begitulah keadaan negeri Andalusia pada masa lalu, negeri yang sampai hari ini masih lekang dalam ingatan kaum muslimin, meskipun sejarahnya kini telah berubah.

Buku ini adalah rekam jejak sejarah, tentang bangkit dan runtuhnya kekuasaan Islam di Andalusia. Sangat penting bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana Islam bisa berkuasa dan berkembang di daratan Eropa. Sayang jika buku ini Anda lewatkan!

Rp 180.000
Rp 144.000Rp 144.000

Bangkit dan Runtuhnya Daulah Bani Saljuk

Kontribusinya Bagi Peradaban Islam di abad Pertengahan

Detail

Judul  : Bangkit dan Runtuhnya Daulah Bani Saljuk
Penulis  : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 1062 Halaman
ISBN : 978-979-592-6504
Ukuran : 15.5 cm x 24.5 cm

Sinopsis

Bangkit dan Runtuhnya Daulah Bani Saljuk

Kata sebagian ahli bijak, "Masa lalu adalah sejarah, masa datang adalah harapan dan masa sekarang adalah kenyataan." Ciri-ciri orang besar adalah menghargai sejarah, dalam waktu yang sama arif terhadap kenyataan." Ciri-ciri orang besar adalah menghargai sejarah, dalam waktu yang sama arif terhadap kenyataan serta punya harapan dan obsesi indah untuk masa mendatang. Buku ini adalah sejarah besar dan menjadi bagian mata rantai besar untuk sejarah besar Islam. Ia tidak boleh dilupakan.

Buku Daulah Bani Saljuk ini, merupakan kelanjutan dari buku-buku sebelumnya yang mengkaji sejarah masa kenabian dan masa Khilafah Rasyidah. Ditulis oleh seorang pakar sejarah Islam terkenal, Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi.

Buku ini berbicara detil tentang Bani Saljuk, nenek moyang mereka, raja-raja mereka, tempat tinggal mereka dan awal mereka muncul, konflik internal dinasti Saljuk, perluasan wilayah, pembrontakan, peranan para ulama di masa itu dalam memberantas akidah menyimpang. Juga, tentang biografi para khalifah Dinasti Saljuk, fenomena kemenangan dan kekalahan, sebab berdiri dan runtuhnya dinasti Saljuk. Serta bahasan lain yang menarik. Tak pelak, buku ini layak Anda miliki untuk melengkapi buku-buku referensi sejarah Islam.

Rp 110.000
Rp 88.000Rp 88.000

Biografi 60 Sahabat Nabi saw

Detail

Judul  : Biografi 60 Sahabat Nabi saw
Penulis  : Khalid Muhammad Khalid
Penerbit     : Ummul Qura
Isi : 608 Halaman
ISBN : 978-602-98968-8-6
Ukuran : 17,5 x 24,5 cm

Sinopsis

Buku Rijâlun haular Rasûl ini memiliki beberapa keistimewaan, yang membuatnya semakin populer dan melekat di hati banyak orang, di antaranya:

  • Ditulis dengan gaya sastra yang halus, sehingga dengan itu Penulis mampu mentransfer cerita para sahabat kepada pembaca dengan pemaparan yang menarik dan tidak membosankan. Didukung pula dengan teknik bahasa yang piawai dalam pemilihan kalimat yang mampu mengaduk-aduk perasaan; seolah-olah pembacanya hidup bersama para tokoh yang agung tersebut, dari satu tokoh ke tokoh lainnya.
  • Selain bahasanya yang lembut dan susunan katanyayang istimewa, buku ini menggunakan ungkapan yang jelas dan style yang memesona. Tidak sulit bagi pembaca untuk memahaminya, seberapapun tingkat kepandaian atau wawasannya.
  • Pemaparan buku ini memang dibatasi pada peristiwa-peristiwa terpenting dari kehidupan 60 sahabat dalam satu jilid saja. Hanya yang paling menonjolyang dimuat.
  • Buku ini mampu menutup celah kekurangan tentang kisah-kisah para sahabat, yang selama ini tidak ditemukan di buku-buku Islam, karena penulisan sejarah pada umumnya tidak mampu menyatukan antara suatu kisah dan teknik penulisan modern, yang sesuai dengan konteks pembaca saat ini.

Beberapa faktor dan keistimewaan tersebut mampu membuat buku ini menempati posisi yang tinggi di hati kaum muslimin. Hampir bisa dipastikan tidak ada perpustakaan yang nihil dari buku ini.

Khalid Muhammad Khalid

Dikenal sebagai pemikir Islam kontemporer asal Mesir. Namanya meroket seiring dengan terbitnya karyanya ini, Rijalun haular Rasul. Ia juga memiliki karya-karya laintentangsirah nabawiyah dan biografipara sahabat Nabi, seperti Insaniyyatu Muhammad, 10 Ayyam fi Hayah Ar-Rasul, dan Khulafa’ Ar-Rasul. Karya-karyanya dikenal dengan gaya bahasa yang mudah dicerna.

Lahir pada Selasa, 27 Ramadhan 1339 H/15 Juni 1920 M di desa Udwah, Provinsi Syarqiyah, Mesir. Ia adalah putra dai kondang Mesir, Muhammad Khalid Tsabit. Menghabiskan masa kecil dengan belajar membaca, menulis,dan menghafal Al-Qur’an. Ayahnya menititipkannya kepada Syekh Husain untuk menghafal Al-Qur’an secara sempurna, yang ia selesaikan dalam waktu relatif singkat; sekitar 5 bulan saja. Selesai dari kelas hafalan Al-Qur’an, ia melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar selama sekitar 16 tahun. Lulusdan meraih gelar syahadah ‘aliyyah (sarjana) dari Fakultas Syariah pada 1364 H (1945 M).

Selepas kuliah dari Al-Azhar,ia bekerja sebagai pengajar selama sekitar 9 tahun hingga tahun 1954 M. Kemudian ditunjuk sebagai konsultan penerbitan oleh Kementerian Kebudayaan Mesir. Ia pun mengajukan pensiun atas keinginan sendiri pada tahun 1976 M. Berbagai tawaran untuk menjadi pejabat negara pernah mengalir kepadanya, baik pada era Presiden Jamal Abdunnashir maupun Anwar As-Sadat, namun ditolaknya semua.

Ahli ibadah yang sibuk dengan akhirat dan Rabb-nya ini memiliki kepribadian yang rendah hati dan bergaya hidup sederhana. Ini tidak lepas dari kedekatannya dengan guru sekaligus murabbinya di waktu muda, Syekh Muhammad Khaththab As-Subki; figur yang ia sifati sebagai mujaddid dan imam Ahlussunnah. Wafat di rumah sakit pada malam Jumat, 9 Syawwal 1416 H/29 Februari 1996 M dalam usia 76 tahun. Jenazahnya dishalatkan di Masjid Jami’ Al-Azhar dan dikebumikan di desa kelahirannya.

Rp 125.000
Rp 100.000Rp 100.000

Biografi Abu Bakar Ash-Shidiq

Detail

Judul  : Biografi Abu Bakar Ash-Shidiq
Penulis  : Prof.DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 690 Halaman
ISBN : 978-979-592-6191
Ukuran : 15.5 x 24.5 cm

Sinopsis

BukuBiografi Abu Bakar Ash-Shidiq 

Banyak orang yang telah mati. Namun masing-masing menyisakan jejak yang berbeda. Abu Bakar Ash-Shidiq adalah nama besar yang menebarkan aroma rahmat dan kebaikan. Sosoknya memang layak diabadikan dalam lembaran-lembaran pujian untuk dikenang kebaikannya. Berbeda dengan aroma laknat dan kesesatan yang ditebarkan oleh nama-nama seperti; Fir'aun, Qarun, Abu Jahal, Abu Lahab, Musailamah Al-Kadzdzab. Dan, generasi seperti mereka.

Buku "Biografi Abu Bakar Ash-Shidiq" ini, benar-benar menghadirkan kebesarannya dalam ruang kehidupan, menyingkap kecerdasannya, mengutarakan kemuliaan dan kezuhudannya, menampilkan kedermawanannya. Penulis yang pakar dalam sejarah Islam berbicara tentang Abu Bakar Ash-Shidiq dengan sangat detail, mulai dari kelahiran, konsep pemikiran, kontribusi untuk peradaban, sepak terjang dalam memerangi para pembangkang zakat, orang murtad serta orang-orang yang mengaku nabi.

Karena itu, kenali sosok Abu Bakar dari dekat dengan membaca buku ini, semoga cahaya ilmu dan kesalehannya semoga bisa terbias dalam diri Anda.

Rp 125.000
Rp 100.000Rp 100.000

Biografi Ali bin Abi Thalib

Detail

Judul  : Biografi Ali bin Abi Thalib
Penulis  : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 711 Halaman
ISBN : 978-979-592-598-9
Ukuran : 15.5 x 24.5

Sinopsis

Buku Biografi Ali bin Abi Thalib

 

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu adalah khalifah keempat dari Khulafaurrasyidin, sebuah estafet kepemimpinan yang selau berada dalam petunjuk dan hidayah. Ali bin Abi Thalib melanjutkan tongkat kepemimpinan para pendahulunya Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khathab, dan Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhum. Kepemimpin yang tegak atas baiat kaum muslimin, yang berjanji setia dan ridha untuk melanjutkan risalah dakwah yang diemban oleh Rasulullah.

Ali bin Abi Thalib adalah sepupu Rasulullah sekaligus yang pertama kali masuk Islam dari kalangan pemuda. Ia juga dikenal sebagai panglima pemberani yang ahli dalam perang tanding, ahli dalam bidang fikih, ahli hikmah, sekaligus ahli strategi pemerintahan. Posisinya sebagai kerabat Rasulullah, membuat sebuah kelompok yang menganggapnya sebagai khalifah yang berhak menggantikan kepemimpinan Rasulullah. Bahkan ada yang mengagung-agungkannya secara ekstrem (ghuluw) sebagaimana dilakukan oleh kelompok Syiah Rafidhah. Namun, Ali bin Abi Thalib lebih memilih mengikuti kesepakatan kaum muslimin untuk membait Abu Bakar Ash-Shiddiq sebagai khalifah pengganti Rasulullah. Ia ridha berada dalam bait tersebut dan begitu memuliakan sahabat seniornya tersebut. Begitu pula dengan Abu Bakar, yang juga begitu memuliakannya.

Buku ini menceritakan secara menarik dan mendalam tentang sosok Khalifah Ali bin Abi Thalib. Dari mulai kepribadiannya, kedalaman ilmu agamanya, kemampuannya dalam mengelola pemerintahan, dan seluk beluk konflik dan pertentangan yang terjadi pada masa kepemimpinannya, sehinga menimbulkan banyak kelompok sempalan, seperti Syiah Rafidhah dan Khawarij. Buku ini juga memberikan bantahan terhadap syubhat-syubhat pemikiran dan keyakinan yang menyimpang dari kelompok yang bersikap ekstrem dalam memuliakan Ali bin Abi Thalib. Termasuk membongkar hadits-hadits dhaif tentang kepemimpinan pasca wafatnya Rasulullah.

Rp 65.000
Rp 55.250Rp 55.250

Biografi Intelektual-Spiritual Muhammad

Detail 

Judul     : Biografi Intelektual-Spiritual Muhammad
Penulis         : Tariq Ramadan
Penerbit : Serambi
isi : 372 Halaman
ISBN : 978-602-290-026-9
Ukuran  : 15 cm x 23 cm 

Sinopsis Buku : 

Buku sejarah hidup Nabi sudah berlimpah. Lalu mengapa menulis yang lain lagi? Dengan mencurahkan segenap cinta, kedalaman ilmu, dan keluasan wawasan seorang cendekiawan-ulama, Tariq Ramadan menarik berbagai pelajaran penting untuk manusia hari ini dari setiap peristiwa yang terjadi dalam fase kehidupan Nabi Muhammad.

Kala ditanya tentang perilaku beliau, Aisyah menjawab, “Akhlaknya adalah Al-Quran.” Buku ini mengungkap bagaimana seorang manusia yang paling mampu mewujudkan ajaran Al-Quran dalam seluruh perilakunya ini “berbicara” kepada kita, menuntun kita, dan mendidik kita saat ini. Sejak lahir hingga wafat, kehidupan Nabi dipenuhi beragam peristiwa, situasi, dan pernyataan yang mengandung pelajaran spiritual paling dalam. Keteguhan iman, dialog dengan Tuhan, mengamati alam, keraguan diri, kedamaian batin, berbagai tanda dan cobaan, dan sebagainya, merupakan tema yang menuturkan sekaligus mengingatkan kita bahwa pada dasarnya tidak ada yang berubah.

Biografi Rasul mengungkap beragam persoalan kita yang mendasar dan abadi.Kehidupan Nabi merupakan ajakan menuju spiritualitas. Ia mengajarkan kepada kita bahwa—melalui berbagai peristiwa, ujian, kesulitan, dan pencarian diri—jawaban yang paling benar untuk persoalan eksistensial lebih sering diberikan oleh hati, bukan oleh akal. Sederhana namun mendalam: mereka yang tidak mencintai tidak akan memahami.

****

Penting untuk orang tua, guru, pemimpin, dan siapa saja yang merindukan bacaan cerdas dan mencerdaskan tentang kehidupan Nabi. Sebuah penjelajahan yang mengasyikkan dan memperkaya batin, karena bukan hanya menuturkan peran sang tokoh tapi juga pesan yang kokoh untuk zaman kita.Biografi ini ditulis dengan bagus dan segar, menggunakan pendekatan penulisan sejarah-Nabi yang agak lain dan unik. Buku ini jelas sangat direkomendasikan terutama untuk semua umat Muslim; namun mereka yang tertarik tentang jiwa besar, perjuangan, moralitas, toleransi agama, pantas juga membaca buku ini.— REPUBLIKA

Rp 50.000
Rp 42.500Rp 42.500

Biografi Istri Istri Para Nabi

Detail

Judul                      : Biografi Istri Istri Para Nabi
Penulis  : Dr. Musthafa Murad
Penerbit : Qiblatuna
Isi : 303 Halaman
ISBN : 978-602-96062-49
Ukuran  : 14 cm x 21 cm 

Sinopsis 

Kehidupan istri-istri para Nabi sungguh menakjubkan dan sarat akan hikmah maupun pelajaran bagi kaum muslimah khususnya, dan umat Islam pda umumnya.
Dari mereka, muslimah bisa belajar banyak hal. seperti ibadah, keimanan, keikhlasan, kejujuran, akhlak, taat pada Allah SWT, patuh & setia kepada suami, menjaga kehormatan, mendampingi suami mengemban dakwah, sabar dalam menghadapi ujian, hidup tenteram berdampingan dengan madunya, tawakal kepada Allah SWT, dan lain-lain.

Saat membicarakan istri-istri para Nabi, maka istri-istri Nabi Muhammad SAW menempati urutan terdepan dan teratas. sebab, mereka adalah istri-istri penghulu dan pemimpin para Nabi Muhammad SAW. sehingga mereka paling layak untuk dicontoh dan di teladani. Bahkan, banyak nash Al-Qur’an yang secara tegas ditujukan kepada mereka, diantara firman Allah Ta’ala berikut, “Hai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara, sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik” ( Al-Ahzab [33] : 32 ).

Oleh karena itu, kaum muslimah tidak perlu ragu-ragu lagi menjadikan istri-istri para Nabi, terutama istri-istri Nabi Muhammad SAW sebagai idola, teladan dan panutan dalam kehidupan sehari-harinya.
Selamat Membaca!!

Rp 110.000
Rp 88.000Rp 88.000

Biografi Khalifah Rasulullah 

Detail 

Judul  : Biografi Khalifah Rasulullah 
Penulis  : Khalid Muhammad Khalid
Penerbit  : Ummul Qura | AQWAM Media
isi : 751 Halaman 
ISBN : 978-602-7637-17-7
ukuran          : 18 cm x 25 cm x 5 cm | Berat Buku : 1Kg

Sinopsis :

Buku Biografi Khalifah Rasulullah 

.:: Biografi Khalifah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ::.

Abu Bakar, Umar Bin Khatab, Utsman Bin Affan , Ali Abi Thalib & Umar bin Abul Aziz.

BONUS : Passport Khalifah Rasulullah. 

Inilah kisah tentang manusia-manusia didikan langsung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ada yang santun dan lembut dalam bergaul, namun sangat tegas dalam memegang prinsip seperti Abu Bakar. Adapula Umar bin Khattab, sosok laki-laki yang dikenal keras, tegas dan tak pernah kompromi terhadap kebatilan. Pun ada sosok pemalu, pengasih, toleran dan dermawan. Dialah Utsman bin Affan. Serta Ali bin Abi Thalib, sepupu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang dikenal cerdas dan tegas, namun tetap santun bersahaja. Terakhir adalah Umar bin Abdul Aziz, sosok yang juga dikategorikan sebagai Khulafa’ Rasyidin dengan keadilannya.

Khalid Muhammad Khalid –sang penulis- memang piawai merajut sebuah biografi. Kepiawaian ini membuat hampir tidak ada perpustakaan di Timur Tengah yang tidak mengoleksi karya-karya beliau. Beberapa sisi dari kehidupan para Khulafa’ Rasyidin yang jarang dibahas literatur lain, diungkap Penulis dengan gaya berututur indah dengan cita rasa sastra tinggi. Jadi, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengarungi banyak ilmu dan hikmah dalam buku ini. Kenalilah para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, niscaya cinta Anda kepada mereka akan merekah, seiring siraman takjub terhadap sang Uswah Hasanah.

Buku ini menyatukan 5 buah buku karya Khalid Muhammad Khalid, yang membahas tentang sejarah 4 khalifah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam : Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, selanjutnya sosok cemerlang, Umar bin Abdul Aziz, yang patut dan layak menyandang julukan khalifah kelima yang mendapat petunjuk.

***

Tentang Penulis:

Khalid Muhammad Khalid dikenal sebagai pemikir Islam kontemporer asal Mesir. Namanya meroket seiring dengan terbitnya karyanya ini, Rijalun haular Rasul. Ia juga memiliki karya-karya lain tentang sirah Nabawiyah dan Biografi para sahabat Nabi, seperit insaniyyatu Muhammad, 10 Ayyam fi Hayah Ar-Rasul, dan Khulafa' Ar-Rasul. Karya-karnya dikenal dengan gaya bahasa yang mudah dicerna.

Lahir pada Selasa, 27 Ramadhan 1339 H/15 Juni 1920 M di desa Udwah, Provinsi Syarqiyah, Mesir. Ia adalah putra dai kondang Mesir, Muhammad Khalid Tsabit. Menghabiskan masa kecil dengan belajar membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an. Ayahnya menititipkannya kepada Syekh Husain untuk menghafal Al-Qur’an secara sempurna, yang ia selesaikan dalam waktu relatif singkat; sekitar 5 bulan saja. Selesai dari kelas hafalan Al-Qur’an, ia melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar selama sekitar 16 tahun. Lulus dan meraih gelar syahadah ‘aliyyah (sarjana) dari Fakultas Syariah pada 1364 H (1945 M).

Selepas kuliah dari Al-Azhar, ia bekerja sebagai pengajar selama sekitar 9 tahun hingga tahun 1954 M. Kemudian ditunjuk sebagai konsultan penerbitan oleh Kementerian Kebudayaan Mesir. Ia pun mengajukan pensiun atas keinginan sendiri pada tahun 1976 M. Berbagai tawaran untuk menjadi pejabat negara pernah mengalir kepadanya, baik pada era Presiden Jamal Abdunnashir maupun Anwar As-Sadat, namun ditolaknya semua.

Ahli ibadah yang sibuk dengan akhirat dan Rabb-nya ini memiliki kepribadian yang rendah hati dan bergaya hidup sederhana. Ini tidak lepas dari kedekatannya dengan guru sekaligus murabbinya di waktu muda, Syekh Muhammad Khaththab As-Subki; figur yang ia sifati sebagai mujaddid dan imam Ahlussunnah. Wafat di rumah sakit pada malam Jumat, 9 Syawwal 1416 H/29 Februari 1996 M dalam usia 76 tahun. Jenazahnya dishalatkan di Masjid Jami’ Al-Azhar dan dikebumikan di desa kelahirannya.

*Sahabat minat buku ini ? stok TERBATAS !

Pemesanan : SMS ke 0878787.234.90 atau via BBM Pin :  24C56BE1

atau inbox FP Fatahillahstan.com

*Cara MUDAH pesan :

SMS ke: 0878787.234.90 Tuliskan judul buku yg ingin dipesan, dan alamat Anda (Nama Kecamatan dan Kabupaten) Kami akan balas dengan total harga + Ongkir.

Rp 155.000
Rp 124.000Rp 124.000

Biografi Umar bin Al-Khathab

Detail

Judul  : Biografi Umar bin Al-Khathab
Penulis  : Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi :  Halaman
ISBN : 978-979-592-6412
Ukuran : 15.5 cm x 24 cm | Berat 1kg lebih

Sinopsis

Buku Biografi Umar bin Al-Khathab

Umar bin Al-Khathab adalah sosok khalifah yang sangat terkenal dengan sikap adil dan sederhana. Beliau menjabat khalifah setelah Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat. Buku ini menjelaskan secara lengkap perjalanan hidup, wawasan, akhlak mulia, pemerintahan, dan segala aspek kehidupan Khalifah Umar bin Al-Khathab.

Umar bin Al-Khathab adalah legenda dari rerimbun sejarah Islam tentang kepemimpinan dan kenegarawanan. Sosok kepemimpinannya menggabungkan antara kefaqihan syariah dan kezuhudan yang paripurna, serta ketangguhan militer dan kejeniusan strategi. Buku ini tepat menjadi pengingat bagi para politikus Muslim agar tidak terlena oleh gemerlapnya kekuasaan dan kekayaan, khususnya di era reformasi ini. (Syuhada Bahri – Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia)

Tak banyak tokoh dalam sejarah yang bisa memadukan antara keberanian dan kepahlawanan di satu sisi dengan kenegarawanan dan ketawadhuan di sisi yang lain. Itu belum ditambah dengan kejeniusan dan cara berpikir yang jauh melompat ke depan. Semua itu ada pada Khalifah Umar bin Al-Khathab. Kita patut berbangga dan bersyukur, tetapi lebih patut lagi untuk selalu menimba dari keteladanannya yang tak pernah lapuk ditelan sejarah. (Prof. Dr. Didin Hafiduddin, Msc – Pengasuh Pesantren Ulil Albab Bogor)

Rp 114.000
Rp 91.200Rp 91.200

Biografi Utsman bin Affan

Detail

Judul  : Biografi Utsman bin Affan
Penulis  : Prof.DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 652 Halaman
ISBN : 978-979-592-6177
Ukuran : 15.5 x 24.5 cm

Sinopsis

Buku Biografi Utsman bin Affan

Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu adalah sosok Khulafa Ar-Rasyidun, yang dipilih dan dibaiat pasca meninggalnya Umar bin Al-Khathab Radhiyallahu Anhu. Ia sosok yang sangt istimewa, karena menjadi menantu dari dua putri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam; Ummu Kultsum dan Ruqayyah Radhiyallahu Anhuma.

Dialah satu-satunya sahabat yang menikah dengan dua putri Rasulullah, sehingga mendapat julukan "Dzunnurain" (Lelaki yang Memiliki Dua Cahaya). Rasulullah begitu sangat menghargai sosok sahabat ini, sehingga pada suatu ketika, ketika Utsman masuk untuk menemuinya, betis Rasululllah yang tersingkap segera beliau tutupi. Kepada Aisyah beliau mengatakan, "Sesungguhnya aku malu kepada orang yang para malaikat pun malu kepadanya." Atau dalam hadits lain, beliau mengatakan, "Yang paling mempunyai sifat pemalu adalah Utsman."

Utsman bin Affan dikenal sebagai khalifah yang tajir dan dermawan. Hartanya yang melimpah ia gunakan berjihad di jalan Allah. Ia menjadi donatur kaum muslimin dalam beberapa peperangan, juga menjadi donatur dalam memenuhi segala kebutuhan dan fasilitas yang dikhidmatkan buat umat Islam. Setelah Perang Tabuk, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Apa-apa yang dilakukan Utsman setelah ini tidak mengapa (dimaafkan dosa-dosanya)."

Begitu cintanya Rasulullah kepada sosok Utsman, maka ketika Utsman dikirim sebagai delegasi kaum Muslimin untuk menemui para pemuka Quraisy di Makkah, kemudian tersiar kabar bahwa dirinya dibunuh, Rasulullah segera mengumpulkan para sahabat untuk melakukan baiat agar para sahabat tetap tegar dan berjuang untuk melawan kaum kafir Quraisy. "Ini adalah yangan Utsman," ujar Rasulullah sambil memukulkan telapak tangan kanannya ke atas tangan kirinya. Baiat tersebut kemudian diikuti oleh sekitar 1.400 sahabat, yang siap membela kehormatan Utsman bin Affan. Baiat itu kemudian dikenal sebagai "Baiatur Ridhwan." 

Utsman bin Affan adalah sosok yang santun, lembut dan penyabar. Sifat inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pemberontak, baik dari kaum munafik maupun para pengikut Ibnu Saba untuk menebar fitnah dan melakukan pergolakan pada masa pemerintahan Utsman. Utsman dengan kesabaran dan kecerdikannya tidak terpancing dengan berbagai aksi provokasi tersebut, semata-mata ia tidak ingin menumpahkan darah dan tidak ingin terjadi huru hara yang lebih besar lagi.

Utsman mengetahui peristiwa yang akan menimpanya, pemberontakan dan pembunuhannya, yang sudah diprediksi dan disampaikan oleh Rasulullah kepadanya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang selamat dari tiga hal, maka sesungguhnya dia selamat (beliau menyebutnya tiga kali); Kematianku, Dajjal dan pembunuhan terhadap khalifah yang sabar dengan kebenaran dan menyampaikannya." Pembunuhan terhadap khalifah yang sabar yang dimaksud adalah Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu.

Rp 155.000
Rp 124.000Rp 124.000

Fikih Ekonomi Umar Bin Al-Khathab

Detail

Judul             : Fikih Ekonomi Umar Bin Al-Khathab
Penulis  : Dr. Jaribah Bin Ahmad Al-Haritsi
Penerbit  : Pustaka Al Kautsar 
Isi : 790 Halaman 
ISBN : 979-1164-03-7
Ukuran               : 16.5 cm x 24.5 cm 

Sinopsis

Di Indonesia, Ekonomi Syariah sedang berkembang pesat. Untuk menopang perkembangannya, dibutuhkan kajian dan literature yang lengkap. Salah satu literature penting adalah buku ini, fikih Ekonomi Umar bin Al-Khathab. Buku ini merupakan disertasi DR.Jaribah bin Ahmad Al-Haritsi pada program S3 Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan studi keislaman Universitas Ummul Qura Makkah dengan predikat Summa Cumlaude.

Buku ini terdiri dari tiga bab utama yaitu:

  • BAB I : DASAR-DASAR Ekonomi (produksi, konsumsi, distribusi, uang(moneter), perubahan ekonomi dan solusinya dengan studi kasus krisis tahun Ramadah).
  • BAB II : PEMBANGUNAN EKONOMI DAN HUBUNGAN EKONOMI INTERNASIONAL( Makna pembangunan ekonomi dan penanggungjawabnya, tuntutan-tuntutan pembangunan ekonomi, kendala-kendala dalam pembangunan ekonomi, dan hubungan ekonomi internasional)
  • BAB III : PENGAWASAN NEGARA TERHADAP EKONOMI(Hisbah dan pengawasan pasar, pengawasan harta, pengawasan dan pengaturan kerja,serta perlindungan lingkungan).


Bagi Anda para mahasiswa, praktisi Ekonomi Syariah dan siapa saja yang peduli terhadap pengembangan Ekonomi Syariah, buku ini kami persembahkan.

Rp 44.000
Rp 37.400Rp 37.400

Istri dan Putri Rasulullah saw

Detail

Judul  : Istri dan Putri Rasulullah saw
Penulis  : Abdullah Haidir
Penerbit      : Pustaka Ikadi
Isi : 291 Halaman
ISBN : 602-839-918-3
Ukuran : 15 cm x 23 cm

Sinopsis

Mencintai keluarga Rasulullah SAW adalah bagian yang tak terpisahkan dari upaya kita untuk mencintai beliau dan menyempurnakan cinta kita. Hal tersebut merupakan perkara badihi (aksiomatis) baik dalam tinjauan syar'i maupun kesadaran manusiawi. Cinta tersebut akan tumbuh dengan baik dan terarah dalam bingkai ajaran Allah, manakala kita mengenal kehidupan mereka lebih dalam. Bahkan, selain kita akan dapat menyelami lebih dalam kehidupan keluarga manusia yang paling mulia ini, beserta romantika dan suka dukanya, kita pun akan mendapatkan pelajaran yang sangat banyak dan berharga, khususnya dalam kehidupan rumah tangga.

Di sisi lain, mempelajari kehidupan keluarga Rasulullah SAW beserta pernik-perniknya, menjadi sangat penting dari sisi bahwa kita akan mendapatkan jawaban dari sejumlah pertanyaan yang kadang muncul di benak, atau menjadi bahan perbincangan ditengah masyarakat dan kadang menimbulkan sejumlah keraguan. Kesimpulannya, kita akan dapat menemukan jawaban dari beberapa syubhat terkait dengan kehidupan rumah tangga Rasulullah SAW yang sering dijadikan oleh musuh-musuh Islam sebagai 'sasaran tembak' untuk mendiskreditkan kepribadian beliau yang mulia. 

Semoga buku ini membuka hati kita dan bermanfaat untuk menumbuhkan cinta kepada Rasulullah SAW dan keluarga beliau di dunia maupun akhirat, baik bagi penulisnya, pembacanya dan siapa saja yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Rp 69.000
Rp 55.200Rp 55.200

Istri Istri Para Nabi

Detail

Judul  : Istri Istri Para Nabi 
Penulis  : Ahmad Khalil Jam' ah & Syaikh Muhammad bin Yusuf Ad Dimasyqi
Penerbit  : Darul Falah
ISBN : 978 - 3036 - 18 - 4
Cover 

:

Hard Cover
Ukuran : 16 x 24,5 x 2,7 cm

Sinopsis :

Petualangan buku ini bersama istri-istri para nabi di aspek spiritual mereka yang bersinar, perilaku amaliah mereka sehari-hari, dan perbuatan baik mereka yang menarik  hati dan menawan jiwa, karena amal perbuatan mereka mempunyai pengaruh kuat, aspek-aspek yang mampu mengadakan perubahan, dan meninggalkan cap jelas bagi orang yang mempunyai mata.

Sejak dulu kala, wanita mempunyai peran yang tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi dilupakan, terutama jika ada pihak yang mengasuhnya dan membawanya kepada kebenaran dengan pendidikan dan pembinaan yang baik. Dari hasil pembinaan tersebut, keluarlah wanita yang mampu memberi buah yang teramat ranum dan pohon-pohonnya menaungi alam semesta dengan kedamaian dan kebaikan.

Inilah Hajar, ia wanita teladan dalam akhlaknya yang baik dan perilakunya yang indah. Ia mendidik anaknya, Nabi Ismail dan mengasuhnya sejak kecil sampai dewasa, hingga akhirnya Nabi Ismail menjadi orang yang mampu mendaki di tangga kehidupan. Siapa saja yang membuka lembaran hidup Nabi Ismail Alahis-Salam, ia pasti mendapat kehidupan yang sarat  dengan aroma wangi dan parfum harum. Kehidupan Nabi Ismail Alahis Salam menegaskan bahwa beliau adalah orang laki-laki dengan segala makna laki-laki itu sendiri. Beliau sabar terhadap segala musibah dan cobaan yang datang kepada beliau, ridha dengan qadha' dan takdir Allah. Beliau tanaman baik milik dari ibu yang juga baik.

Kepada orang-orang yang mencari kebahagiaan hakiki dan orang-orang yang mendambakan kedamaian dan ketentraman, buku ini mempersembahkan biografi istri-istri para nabi dalam bentuk cerita, agar mereka tahu kebahagiaan itu ada pada iman dan bahwa mata air kesenangan itu memancar dari hati manusia itu sendiri ketika mereka kembali kepada fitrahnya, menjawab seruan tinggi, dan tujuan terakhir menjadi jelas baginya, kemudian ia menyelamatkan diri dari kubangan kebingungan dan kekalutan, sebab ia telah damai dengan Allah dan berinteraksi dengan para nabi. Ya, tiba-tiba ia lahir kembali dengan keyakinan dan menjadi orang Mukmin yang ridha kepada dirinya sendiri dan Allah.


Rp 37.000
Rp 33.300Rp 33.300

Karakteristik Enam Puluh Shahabat Rasulullah

Detail

Judul  : Karakteristik Enam Puluh Shahabat Rasulullah
Penulis  : Khalid Muh. Khalid
Penerbit  : Diponegoro Bandung
Isi : 704 Halaman
Ukuran : 15 x 21 cm

Sinopsis

Buku ini adalah terjemahan dari Kitab Rijal Haolar Rasul Karya Khalid Muhammad Khalid yang fenomenal. Buku ini memuat kisah perjalanan dan perjuangan  hidup enam puluh sahabat Rasulullah saw

 

Bagaimanakah latar belakang kehidupan mereka sehingga menjadi kebanggaan umat Islam hingga saat ini? Bagaimana latar belakang kehidupan masa kecil mereka dan lingkungan yang mempengaruhinya? Peristiwa penting apakah yang menunjukkan keluhuran akhlak dan ketinggian budi pekerti mereka? Suri tauladan apakah yang dapat kita tarik bagi generasi saat ini? Temukan jawabannya dalam buku ini.

 

 

ENAM PULUH SAHABAT NABI

1) MUSH'AB BIN UMAR : Duta Islam yang pertama. 

2) SALMAN AL-FARISI : Pencari kebenaran. 

3) ABU DZAR AL-GHIFARI : Tokoh gerakan hidup sederhana. 

4) BILAL BIN RABAH : Muadzin Rasulullah ... Lambang persamaan derajat manusia. 

5) ABDULLAH BIN UMAR : Tekun beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. 

6) SA'AD BIN ABI WAQQASH : Singa yang menyembunyikan kukunya. 

7) SHUHAIB BIN SINAN : Abu Yahya yang selalu mendapat laba. 

8) MU'ADZ BIN JABAL : Cendekiawan Muslim yang palin tahu mana yang halal dan mana yang haram. 

9) MIQDAD BIN 'AMR : Pelopor barisan berkuda dan ahli filsafat. 

10) SA'ID BIN AMIR : Pemilik kebesaran di balik kesederhanaan. 

11) HAMZAH BIN ABDUL MUTHALIB : Singa Allah dan panglima syuhada. 

12) ABDULLAH BIN MAS'UD : Yang pertama kali mengumandangakn Al-Qur'an dengan suara merdu. 

13) HUDZAIFAH IBNUL YAMAN : Seteru kemunafikan - Kawan keterbukaan. 

14) 'AMMAR BIN YASIR : Seorang tokoh penghuni surga. 

15) 'UBAIDAH BIN SHAMIT : Tokoh yang gigih menentang penyelewengan. 

16) KHABBAB BIN ARATS : Guru besar dalam berkorban. 

17) ABU 'UBAIDAH IBNUL JARRAH : Orang kepercayaan ummat. 

18) UTSMAN BIN MAZH'UN : Yang pernah mengabaikan kesenangan hidup duniawi.

19) ZAID BIN HARITSAH : Tak ada orang yang lebih dicintainya daripada Rasulullah. 

20) JA'FAR BIN ABU THALIB : Jasmani maupun perangainya mirip Rasulullah. 

21) ABDULLAH IBNU RAWAHAH : Yang bersemboyan : Wahai diri .... Jika kau tidak gugur di medan juang .... Kau tetap akan mati ... Walau di atas ranjang. 

22) KHALID IBNUL WALID : Ia selalu waspada, dan tidak membiarkan orang lengah dan alfa. 

23) QEIS BIN SA'AD BIN 'UBADAH : Kalau tidaklah karena Islam, maka ia lah ahli tipu muslihat Arab yang paling lihai. 

24) UMEIR BIN WAHAB : Jagoan Quraisy yang berbalik membela Islam yang gigih. 

25) ABU DARDA : Seorang budiman dan ahli hikmat yang luar biasa. 

26) ZAID IBNUL KHATTHAB : Rajawali pertempuran Yamamah. 

27) THALHAH BIN UBAIDILLAH : Pahlawan perang Uhud. 

28) ZUBAIR BIN AWWAM : Pembela Rasulullah s.a.w. 

29) KHUBAIB BIN 'ADI : Pahlawan yang syahid di kayu salib. 

30) UMEIR BIN SA'AD : Tokoh yang tak ada duanya. 

31) ZAID BIN TSABIT : Penghimpun Kitab Suci Al-Qur'an.

32) KHALID BIN SA'ID BIN 'ASH : Anggota pasukan berani mati angkatan yang pertama. 

33) ABU AIYUB AL-ANSHARI : Pejuang di waktu senang ataupun susah. 

34) ABBAS BIN ABDUL MUTHALIB : Pengurus air minum untuk Kota Suci Mekah dan Madinah (Haramain). 

35) ABUHURAIRAH : Otaknya menjadi gudang perbendaharaan pada masa Wahyu. 

36) AL BARRA' BIN MALIK : Allah dan Surga. 

37) UTBAH BIN GHAZWAN : "Esok lusa akan kalian lihat Pejabat-pejabat Pemerintah yang lain daripadaku" 

38) TSABIT BIN QEIS : Juru bicara Rasulullah. 

39) USAID BIN HUDLAIR : Pahlawan hari Saqifah. 

40) ABDURRAHMAN BIN 'AUF : "Apa sebabnya anda menangis, Hai Abu Muhammad". 

41) ABU JABIR ABDULLAH BIN 'AMR BIN HARAM : Seorang yang dinaungi malaikat. 

42) AMR IBNUL JAMUH : "Dengan cacat pincangku ini, aku bertekad merebut surga". 

43) HABIB BIN ZAID : Lambang kecintaan dan pengurbanan. 

44) UBAI BIN KA'AB : "Selamat nagimu, hai Abu Munzir, atas ilmu yang kau capai". 

45) SA'ADZ BIN MU'ADZ : "Kebahagiaan bagimu, wahai Abu Amr". 

46) SA'AD BIN UBADAH : Pembawa bendera Anshar. 

47) USAMAH BIN ZAID : Kesayangan, putera dari kesayangan. 

48) ABDURRAHMAN BIN ABI BAKAR : Pahlawan sampai saat terakhir. 

49) ABDULLAH BIN 'AMR BIN 'ASH : Tekun beribadat dan bertaubat. 

50) ABU SUFYAN BIN HARITS : Habis gelap terbitlah terang. 

51) 'IMRAN BIN HUSHAIN : Menyerupai malaikat. 

52) SALAMAH BIN AL-AKWA : Pahlawan pasukan jalan kaki. 

53) ABDULLAH BIN ZUBEIR : Seorang tokoh dan syahid yang luar biasa. 

54) ABDULLAH BIN ABBAS : Kyai ummat ini. 

55) 'ABBAD BIN BISYIR : Selalu disertai cahaya Allah. 

56) SUHEIL BIN 'AMAR : Dari kumpulan orang yang dibebaskan, masuk golongan para pahlawan. 

57) ABU MUSA AL-ASY'ARI : Yang penting keikhlasan, kemudian terjadilah apa yang akan terjadi. 

58) THUFEIL BIN 'AMR AD-DAUSI : Suatu fithrah yang cerdas. 

59) 'AMR BIN 'ASH : Pembebas Mesir dari cengkeraman Romawi. 

60) SALIM MAULA ABU HUDZAIFAH : Sebaik-baik pemikul Al-Qur'an. 

Rp 130.000
Rp 104.000Rp 104.000

Kelengkapan Tarikh Rasulullah

Detail

Judul  : Kelengkapan Tarikh Rasulullah
Penulis  : Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
Penerbit  : Pustaka Al-Kautsar
Isi  : 772 Halaman
ISBN : 978-979-592-5941
Ukuran  : 15.5 x 24.5 cm

Sinopsis

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah benar-benar berhasil menghidangkan sejarah Rasulullah yang membuat siapa saja betah berlama-lama membacanya. Bahasa buku ini mudah dimengerti, bahasan setiap tema tidak bertele-tele atau membosankan. Buku ini tidak sekedar berbicara tentang alur kehidupan sejarah Rasulullah dari A sampai Z. Tapi, juga memuat analisa-analisa menarik dan mendalam yang menjadi ciri khas Ibnul Qayyim Al-Jauziyah.

Kitab "Jami as-Sirah" ini menjadi pelengkap kitab-kitab sejarah Rasulullah yang sudah Anda miliki. Membaca sejarah Rasulullah adalah awal langkah bagi kita untuk makin mencintai beliau. Sebab, dengan begitu kita akan memahami berbagai keteladanan dan kemuliaan beliau.

Rp 190.000
Rp 152.000Rp 152.000

Kisah Para Nabi

Judul   : Kisah Para Nabi
Penulis        : Imam Ibnu Katsir
No ISBN : 978-979-592-5576
Kategori : Refensi Sejarah
Cover : Hard Cover
Isi : 1050 Halaman
Ukuran : 16 x 24,5 cm
Berat : 1500 grm

Buku yang mengupas tentang kisah para nabi memang tak terhitung jumlahnya. Namun, tak sedikit dari buku-buku tersebut yang memasukkan unsure-unsur cerita yang bersumber dari mitos, riwayat israiliyat, dan hadist-hadist lemah dan palsu (maudhu). Sehingga fakta – fakta dari kisah-kisah tersebut tak bias dipertanggungjawabkan.

Buku”Kisah Para nabi” yang ada di hadapan Anda adalah hasil karya seorang ulama besar,Ibnu Katsir Rahimahullah, ulama yang dikenal memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjaga kemurnian riwayat dan sumber-sumber rujukan yang shahih dalam menuliskan karyanya. Berbeda dengan buku-buku sejarah para nabi lainnya. Ibnu katsir dengan sangat gamblang mengupas dan menjelaskan kelemahan – kelemahan riwayat yang menceritakan kisah para nabi ,Bahkan mengupas tentang distorsi sejarah yang telah dilakukan oleh ahli kitab, kemudian memberikan rujukan yang shahih mengenai kisah sesungguhnya.

Semua kisah yang ada dalam buku ini ditulis dengan tinta yang cermat, telaah yang mendalam, dan kehati-hatian dalam mengambil sumber rujukan. Karena itu, Anda akan menemukan dalam buku ini penjelasan dari Ibnu  Katsir mengenai kelemahan suatu riwayat yang menceritakan tentang  para nabi, dan menjelaskan mana riwayat yang sesungguhnya shahih dan bisa dipertanggungjawabkan sebagai pegangan.

Rp 178.000
Rp 142.400Rp 142.400

Kisah Para Nabi "Ummul Qura"

Detail

Judul  : Kisah Para Nabi "Ummul Qura"
Penulis  : Ibnu Katsir
Penerbit : AQWAM
Isi : 968 Halaman
ISBN : 978-602-7637-092
Ukuran         : 17 cm x 24 cm

Sinopsis 

Banyak kisah para nabi dan rasul yang mungkin pernah kita ketahui. Namun, cukup banyak pula di antara kisah-kisah tersebut yang tidak memiliki sumber periwayatan yang jelas. Buku karya Ibnu Katsir—ulama besar pakar tafsir dan tarikh—ini mencoba hadir dengan menutupi “kelemahan” ini. Dengan metode ilmiah standar dan berpedoman pada penjelasan-penjelasan dalam Al-Qur'an, hadits-hadits, dan atsar yang sahih, kisah-kisah Israiliyyat yang kurang berdasar pun telah ditapis oleh Penulis.

Kisah para nabi dan rasul dalam buku ini tersaji berdasarkan topik-topik inti yang mewakili episode sejarah para nabi dan rasul. Semua ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan sosok 25 nabi dan rasul yang telah dikenal dan disepakati juga disajikan berikut tafsirnya. Selain itu, Penulis juga menjelaskan kisah-kisah nabi lain yang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an namun telah dikuatkan kisah dan keberadaannya oleh riwayat-riwayat yang sahih.

Kelebihan buku ini dibandingkan buku Qashashul Anbiya’ versi lainnya terletak pada tahqiq dan takhrij yang dilakukan oleh Prof. Dr. Abdul Hayy Al-Farmawi, guru besar Tafsir dan Ulumul Qur’an dari Universitas Al-Azhar, Kairo. Dengan demikian, buku ini hadir lebih sistematis dan lebih kaya infomasi, dengan tetap menjaga orisinalitas dan keautentikan kitab aslinya. Jadi, rasanya tak berlebihan jika karya Ibnu Katsir ini termasuk koleksi yang “harus” ada dalam daftar pustaka kita, sebagai pendamping kitab tafsir beliau yang telah dikenal.

Rp 62.000
Rp 52.700Rp 52.700

Misteri Sofia

Istri Nabi dari Putri Yahudi

  • No.ISBN : 9786028188173
  • Penulis : Abba Zhahir BiAmrillah
  • Penerbit : Grafindo Salamadani
  • Jenis Cover : Hard Cover
  • Harga : Rp 62.000 Rp 52.700 (Hemat : Rp 9.300)
  • Stok : Ada  

Sesungguhnya engkau adalah putri seorang Nabi, pamanmu adalah Nabi, dan suamimu adalah seorang Nabi (Muhammad saw.)

Di antara para istri Nabi yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam rumah tangga kenabian adalah Sofia (Shafiyyah binti Huyaiy bn Akhthab ra.). Kestimewaan Sofia tidak semata karena kecantikan fisik dan hatinya. Tetapi, karena Sofia memiliki nasab kenabian pada dirinya, yang menjadikannya istimewa di antara para ummahatul mukminin.

Hanya, sambutan istri-istri Nabi terhadap Sofia justru sangat dingin dan antipati. Apakah, sikap mereka ini karena Sofia putri dari Huyaiy bin Akhthab, musuh Allah dan Rasul-Nya? Ataukah, karena rasa cemburu mereka akan kecantikan dan kemesraan Sofia kepada Nabi?

Buku SOFIA : Istri Nabi dari Keturunan Nabi ini menelisik sisi-sisi pribadi Sofia bersama Nabi, berikut kisah hidupnya yang mengalir abadi:

1. Sofia di antara para istri Nabi;

2. Sofia di antara Kaum Yahudi;

3. Yahudi dalam timbangan Syar’i; dan …

4. Istri-Istri Nabi yang Tak Diketahui;

5. Lengkap dan Menginspirasi ….

Habis
Rp 79.000
Rp 67.150Rp 67.150

Muhammad 

Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik

Detail

Judul    : Muhammad 
Penulis    : Martin Lings
Penerbit   : Serambi
Isi : 552 Halaman 
ISBN : 978-979-1275-330
Ukuran  : 15 x 20,5 cm

Sinopsis

Muhammad betul-betul unik. Didasarkan pada sumber-sumber berbahasa Arab dari abad ke-8 dan ke-9, buku ini mendekati dan mereportase kata-kata dari orang-orang lelaki maupun perempuan yang mendengar langsung Nabi Muhammad berbicara dan menyaksikan sendiri peristiwa-peristiwa dalam hidupnya. 

Martin Lings mampu menghadirkan kesederhanaan maupun keagungan cerita. Karena itu, Muhammad dapat dibaca dengan sama nikmatnya baik oleh mereka yang sudah akrab dengan biografi Nabi maupun para "pendatang baru" yang membacanya untuk pertama kali. 

Buku ini terpilih sebagai biografi Nabi terbaik dalam bahasa Inggris pada konferensi Sirah Nasional di Islamabad tahun 1983. Sejak itu karya ini telah dipublikasikan dalam bahasa Prancis, Italia, Spanyol, Turki, Belanda, Tamil, Arab, Jerman, Urdu, dan sekarang, Indonesia. Pada 1990, setelah buku ini berhasil mencuri perhatian Universitas al-Azhar Kairo, penulisnya menerima bintang kehormatan dari Presiden Hosni Mubarak.

Rp 45.000
Rp 36.000Rp 36.000

Muhammad Al-Fatih (Penakluk Konstantinopel) 

"Sungguh Konstantinopel akan ditaklukkan. Sebaik-baik pemimpin adalah penakluk dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya." (HR. Ahmad)

Detail

Judul  : Muhammad Al-Fatih : Penakluk Konstantinopel
Penulis  : Syaikh Ramzi Al-Munyawi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 274 Halaman
ISBN : 989-979-592-601-6
Ukuran : 14.5 x 21

Sinopsis

Sekitar 800 tahun lamanya, mimpi indah ini tersimpan rapi dalam lembaran-lembaran kitab hadits. Bukan tidak ada yang berminat menjadi pahlawannya. Sudah banyak. Nahkan, sekitar 11 kali percobaan telah dilakukan oleh tokoh-tokoh besar. Termasuk yang paling bersemangat adalah Abu Ayyub Al-Anshari. Kuburannya yang ditemukan di dekat benteng Konstantinopel menjadi bukti kuat keinginan untuk menjadi pembuat sejarah besar dan pewujud mimpi indah itu.

Tapi memang, sejarah besar hanya akan ditorehkan oleh orang-orang besar. Seperti Muhammad Al-Fatih. Pada usia 25 tahun, ia mampu membuktikan dirinya sebagai pelaku hadits mulia itu. Ia menjadi pembawa kabar gembira Sang Nabi untuk menaklukkan Konstantinopel, ibukota Imperium Bizantium. Sosoknya boleh jadi tidak begitu dikenal anak-anak generasi zaman kini. Tapi, sejarah sangat mengenal sebagai orang besar yang telah membuat sejarah besar dalam perjuangan besarnya.

Penulis buku ini, Ramzi Al-Munyawi, pakar sejarah Islam, tidak saja menyajikan biografi besar Muhammad Al-fatih. Tapi juga, tentang cerita suksesnya menaklukkan kota yang begitu menggoda semua peradaban kala itu. Tentang guru-gurunya yang berperan besar dibalik kesuksesannya, tentang strategi militer yang mencengangkan dunia, tentang proyek-proyek peradaban dan ekonomi yang berhasil dihadirkan untuk dunia dan tentang cerita terbunuhnya yang misteri.

Rp 199.000
Rp 169.150Rp 169.150

Perang Salib (New Edition)

Detail 

Judul     : Perang Salib (New Edition)
Penulis         : Carole Hillenbrand
Penerbit : Serambi
isi : lxii (62 romawi) + 808 Halaman
ISBN : 978-602-290-027-6
Ukuran  : 17 cm x 25 cm 

Sinopsis Buku : 

Pemenang The King Faisal International Prize for Islamic Studies

Buku ini tidak memberikan uraian kronologis tentang peristiwa yang berlangsung antara 1099 hingga 1291 itu, dan hingga masa-masa selanjutnya. Buku ini ditulis dengan maksud memperkenalkan aspek-aspek yang lebih luas dari sejarah Perang Salib dari perspektif kaum muslim, dengan secara khusus berusaha menggali sumber-sumber yang berasal dari kaum muslim Abad Pertengahan. Tentu saja bisa tak dapat dihindari. Tapi perspektif ini akan cukup bermanfaat, terutama untuk menyeimbangkan kecenderungan Eropasentris yang mewarnai bidang kajian ini.

Sejumlah tema disajikan, untuk dapat mengungkapkan reaksi kaum muslim terhadap kehadiran Tentara Salib. Segi ideologis dikupas tuntas, dan nilai penting konsep jihad dianalisis dalam konteks direbutnya kembali Tanah Suci dan diusirnya Tentara Salib. Bagian yang lain berusaha masuk ke sisi militer, menyangkut persenjataan, jalannya peperangan, pengepungan, taktik pertempuran, benteng-benteng, dan sebagainya, dengan didasarkan pada karya-karya tulis dan sejumlah karya seni. Segi pertempuran laut yang terabaikan juga diulas mendalam. Ada pula bagian yang menggambarkan pola interaksi masyarakat muslim dengan komunitas Tentara Salib. Pada akhirnya, seluruh uraian dalam buku ini berusaha menunjukkan bagaimana peristiwa yang dikenal dengan Perang Salib itu memengaruhi dunia Islam, baik secara kultural maupun psikologis, juga dalam konteks interaksi kaum muslim dengan Barat.

Dilengkapi dengan lebih dari 500 ilustrasi yang merupakan karya-karya seni Islam Abad Pertengahan

“Sebuah kajian yang menerobos ... sang penulis telah menempuh tantangan yang langka ... melahirkan sebuah karya monumental yang sungguh bernilai, baik bagi pakar maupun pembaca umum. Kaya data, mendalam, dan nyaman dibaca.”
Journal of Islamic Studies

Sebuah karya yang baru dan inovatif. Nilai lebihnya tidak hanya terdapat dalam penuturannya yang detail, tapi juga bagaimana penulis buku ini, Carole Hillenbrand, memandu para sejarawan Barat pada bahan-bahan sumber, baik yang tak diketahui oleh mereka atau yang hanya dapat diperoleh versi terjemahannya. Untuk pembaca, karya ini memperkenalkan latar pemikiran kaum muslim Abad Pertengahan, menyajikan sebuah sudut pandang yang benar-benar berbeda tentang Perang Salib. Buku ini baik untuk dibaca oleh kalangan Barat maupun umat Islam sendiri, untuk memberi wawasan pemahaman yang lebih baik tentang peristiwa yang, hingga tingkat tertentu, turut membentuk masa kini.”
--Jonathan Riley-Smith, Emmanuel College, Cambridge

Dengan analisis mendalam dan bekal sumber-sumber berbahasa Arab, karya ini mencoba menjelaskan motif dan maksud kaum muslim .... Karya ini, yang menunjukkan dengan jelas dampak Perang Salib yang terus dirasakan kaum muslim hingga kini, merupakan sebuah kontribusi yang luar biasa pada kajian sejarah tentang relasi Timur dan Barat.”
Anne-Marie Eddé, Université de Reims

Carole Hillenbrand membuka cakrawala dan informasi tentang pemikiran, sikap dan reaksi kaum muslim saat tentara Salib datang. Dia menunjukkan, tentara Salib membawa banyak hikmah yang tak ternilai harganya karena mereka dapat berkenalan dengan kebudayaan dan peradaban Islam yang sudah sedemikian maju. Kebudayaan yang mereka peroleh dari kaum Muslim seperti bidang militer, seni, astronomi, perdagangan, pertanian, kesehatan, kebersihan, dan kepribadian sedikit banyak telah memberikan pencerahan kepada mereka.
--JAWA POS

Habis
Rp 55.000
Rp 46.750Rp 46.750

Pribadi Muhammad

Memotret Sifat dan Pribadi Nabi Sehari-hari Lebih Dekat, Lebih Memikat

Detail

Judul  : Pribadi Muhammad
Penulis        : Dr. Nizar Abazhah
Penerbit : » Penerbit Zaman
Isi : 386 Halaman
ISBN : 978-602-17919-29
Ukuran  : 13 x 20 cm

Sinopsis 

Lebih Dekat Lagi dengan Nabi Lahir dari kedalaman cinta, kekayaan sumber, dan kelincahan bertutur, buku ini mengungkap lengkap kepribadian dan keseharian Nabi saw. Keagungan sebagai Rasul dan kesederhaan sebagai manusia berpadu, membuat siapa pun yang membaca jadi makin rindu.

Bagaimana Nabi menjaga kebersihan dan kesehatan?
Bagaimana Nabi merawat diri kala sakit?
Bagaimana Nabi berpakaian dan berpenampilan?
Bagaimana pola makan Nabi?
Bagaimana pola tidur Nabi?
Apa saja rutinitas Nabi dalam sehari-hari?
Apa saja kebiasaan Nabi?
Seperti apa ciri-ciri fisik Nabi?
Seperti apa kefasihan dan gaya bicara Nabi? 

Setelah itu, diulas tuntas watak, karakter, dan sifat-sifat Nabi lahir batin. Kala ditanya tentang kepribadian Nabi, Aisyah menjawab, “Akhlaknya adalah Al-Quran.” Bagaimana seorang manusia yang paling mampu mewujudkan ajaran wahyu dalam seluruh perilakunya ini “berbicara” kepada kita, menuntun kita, dan mendidik kita saat ini? 

Tak kalah memikat, dikupas berbagai mukjizat Nabi Muhammad, lengkap dengan latar dan maknanya yang padat. Bersiaplah untuk menemukan alasan kita meneladani dan mencintai Sang Junjungan Umat.

Rp 110.000
Rp 88.000Rp 88.000

Rihlah Ibnu Bathuthah

Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan

Detail

Judul  : Rihlah Ibnu Bathuthah: Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan
Penulis  : Muhammad Bin Abdullah Bin Bathuthah
Penerbit  : Pustaka Al-Kautsar
Isi  : 610 Halaman 
ISBN : 978-979-592-5835
Ukuran  : 15.5 x 24.5

Sinopsis

Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Bathuthah adalah seorang pengembara (traveler), petualang (adventure), dan pengamat (viewer) yang membuat catatan harian tentang negeri-negeri yang ia kunjungi dalam pengembaraannya. Catatan perjalanan yang dikenal dengan buku "Rihlah Ibnu Bathuthah" ini ditulis setelah dirinya mengunjungi berbagai belahan dunia, kemudian mengamati kebudayaan, adat istiadat, dan perilaku masyarakat di negeri-negeri yang ia kunjungi, terutama wilayah yang dipimpin oleh kesultanan Islam.

Banyak kisah menarik yang diceritakan dalam buku catatan perjalanan Ibnu Bathuthah ini, terutama cerita-cerita tentang para sultan, para syaikh, sejarah sebuah negeri, falsafah kehidupan masyarakat setempat dan lain sebagainya yang ia tulis berdasarkan pengamatan langsung dari negeri-negeri yang ia kunjungi. Dari India sampai negeri Cina, dari Afrika sampai Nusantara, Ibnu Bathuthah menceritakan perjalanannya secara apik dan mengesankan. Ia misalnya, menceritakan kunjungannya bertemu dengan Sultan Jawa (Sultan Nusantara) dari Kerajaan Samudera Pasai, Sultan Malik Az-Zhahir.

Ibnu Bathuthah sendiri menyebut hasil karyanya ini sebagai persembahan seorang pengamat tentang kota-kota asing dalam perjalanan yang menakjubkan, yang ia tuangkan dalam sebuah catatan perjalanan. Sebagai sebuah catatan perjalanan membaca buku ini seperti mendengarkan seorang pemandu wisata (guide tour) bercerita tentang negeri-negeri yang menakjubkan dari segala sisi. Pembaca seolah diajak berkelana menyusuri negeri-negeri yang ia kunjungi, kemudian memetik hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian dalam perjalanan.

Ibnu Bathuthah berhasil merangkai sebuah catatan perjalanan sebagai karya sejarah bermutu tinggi, yang bisa dijadikan rujukan bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah sebuah bangsa dan peradaban manusia.

Buku ini, sayang jika Anda lewatkan!

Rihlah Ibnu Bathuthah : Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan

Detail

Judul             : Rihlah Ibnu Bathuthah : Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan
Penulis  : Muhammad Bin Abdullah Bin Bathuthah
Penerbit  : Pustaka Al Kautsar 
Isi : 610 Halaman 
ISBN : 978-979-592-5835
Ukuran               : 15.5 cm x 24.5 cm 

Sinopsis

Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Bathuthah adalah seorang pengembara (traveler), petualang (adventure), dan pengamat (viewer) yang membuat catatan harian tentang negeri-negeri yang ia kunjungi dalam pengembaraannya. Catatan perjalanan yang dikenal dengan buku "Rihlah Ibnu Bathuthah" ini ditulis setelah dirinya mengunjungi berbagai belahan dunia, kemudian mengamati kebudayaan, adat istiadat, dan perilaku masyarakat di negeri-negeri yang ia kunjungi, terutama wilayah yang dipimpin oleh kesultanan Islam.

Banyak kisah menarik yang diceritakan dalam buku catatan perjalanan Ibnu Bathuthah ini, terutama cerita-cerita tentang para sultan, para syaikh, sejarah sebuah negeri, falsafah kehidupan masyarakat setempat dan lain sebagainya yang ia tulis berdasarkan pengamatan langsung dari negeri-negeri yang ia kunjungi. Dari India sampai negeri Cina, dari Afrika sampai Nusantara, Ibnu Bathuthah menceritakan perjalanannya secara apik dan mengesankan. Ia misalnya, menceritakan kunjungannya bertemu dengan Sultan Jawa (Sultan Nusantara) dari Kerajaan Samudera Pasai, Sultan Malik Az-Zhahir.

Ibnu Bathuthah sendiri menyebut hasil karyanya ini sebagai persembahan seorang pengamat tentang kota-kota asing dalam perjalanan yang menakjubkan, yang ia tuangkan dalam sebuah catatan perjalanan. Sebagai sebuah catatan perjalanan membaca buku ini seperti mendengarkan seorang pemandu wisata (guide tour) bercerita tentang negeri-negeri yang menakjubkan dari segala sisi. Pembaca seolah diajak berkelana menyusuri negeri-negeri yang ia kunjungi, kemudian memetik hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian dalam perjalanan.

Ibnu Bathuthah berhasil merangkai sebuah catatan perjalanan sebagai karya sejarah bermutu tinggi, yang bisa dijadikan rujukan bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah sebuah bangsa dan peradaban manusia.

Buku ini, sayang jika Anda lewatkan!

Rp 65.000
Rp 55.250Rp 55.250

Sahabat Muhammad

Detail

Judul     : Sahabat Muhammad
Penulis         : Nizar Abazhah
Penerbit : Zaman
isi : 394 Halaman
ISBN : 978-602-1687-15-4
Ukuran  : 15 cm x 23 cm 

Detail 

Sinopsis Buku : 

Sahabat Muhammad secara harfiah bisa berarti teman terpuji. Inilah kisah persahabatan terhebat sepanjang sejarah. Gelora cinta, pergolakan iman, dan pelajaran hidup generasi yang dididik langsung Rasulullah. Dari generasi ini lahir mukmin sejati, pemimpin cemerlang, mujahid gigih yang berhasil mengalami lompatan peradaban yang belum pernah ada sebelumnya.


• Bagaimana jejak hidup generasi muslim pertama, Rasulullah dan para sahabat?
• Bagaimana mereka satu per satu jatuh hati pada Nabi dan ajarannya yang suci?
• Bagaimana Rasul mengajar hingga hati mereka bergetar untuk menerima ajaran yang benar?
• Bagaimana Rasulullah menyikapi para sahabat yang watak dan perilaku mereka berbeda-beda?
• Bagaimana mereka tumbuh di Makkah lewat tantangan demi tantangan yang teramat berat?
• Bagaimana mereka hidup di Madinah ketika semua orang musyrik Arab memusuhi mereka?
• Bagaimana Nabi mengubah kesetiaan kepada kelompok menjadi kesetiaan kepada Islam?
• Bagaimana kesadaran mereka ditempa hingga peradaban gemilang tercipta?

Para wisudawan sekolah cinta Rasulullah ini direkam indah dalam Al-Quran: “... Allah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan dari-Nya. Mereka dimasukkan-Nya ke surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, golongan Allah itulah yang beruntung.” (al-Mujadilah: 22)

Masihkah Anda ragu menyimak buku ini setelah Nabi saw. bersabda, “Para sahabatku bagaikan bintang-gemintang. Teladani siapa pun di antara mereka, niscaya kau dapat petunjuk?”

Rp 120.000
Rp 102.000Rp 102.000

Sejarah Hidup Muhammad

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Qur'an, 33 : 56)

Detail

Judul : Sejarah Hidup Muhammad
Penulis       : Muhammad Husain HAEKAL
Penerbit   : Litera AntarNusa
Isi : 730 Halaman
ISBN : 978-979-8100-024
Ukuran : 16,5 x 25 cm

Sinopsis

Tidak mungkin orang dapat mengenal Islam dengan baik, jika tidak mengenal sejarah orang yang membawa Islam itu.

 

Terjemahan lengkap dan apa adanya dari buku Dr. Muhammad Husain Haekal: “Hayat Muhammad” yang sudah cukup dikenal. Buku ini merupakan studi mendalam dan cermat tentang sejarah hidup Muhammad Rasulullah dan diteliti dari sumber-sumber Islam dan sumber bukan Islam yang penting. Muhammad sebagai manusia dan sebagai Rasul dibicarakan dengan seksama. Dalam peristiwa yang sangat kritis, di sana-sini penulis terpaksa berhadapan dengan pikiran awam dan sekaligus dengan tanggapan penulis-penulis luar. Semua itu dikemukakan dengan hati-hati dan logis. Dimulai dengan dua buah kata pengantar yang menilai tanggapan penulis-penulis Islam dan bukan Islam tentang beberapa masalah sekitar pribadi Rasulullah, kemudian penulis memulai telaahnya dalam dua bagian khusus tentang masyarakat Arab Pra-Islam. Kata pengantar ini mempunyai nilai sendiri yang perlu sekali kita baca.

 

Kelahiran Muhammad -masa anak-anak- waktu turnnya wahyu pertama- perjuangan selanjutnya sampai masa terakhir, dilukiskan jelas dan terinci, tetapi tidak bertele-tele. Segi kemasyarakatan dan budayanya serta pengaruh peradaban dan kepercayaan yang ada, ditutup dengan dua bagian penting. Pertama, kebudayaan Islam seperti dilukiskan Qur’an: kedua, Orientalis dan kebudayaan Islam. Edisi bahasa Arab diantar dengan kata perkenalan oleh Syaikh Muhammad Mustafa Al-Maraghi, Rektor Universitas Al-Azhar, Kairo, dan terjemahan bahasa Indonesia disambut oleh prof. Dr. Hamka.

 

Membaca buku sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal yang diterjemahkan oleh Ali Audah ini, rasanya sangat nikmat dan sedap; lebih-lebih jika dilakukan setelah bersembahyang tarawih dan bila suasana sudah agak hening.

Rp 215.000
Rp 172.000Rp 172.000

Sejarah Lengkap Rasulullah

Detail

Judul  : Sejarah Lengkap Rasulullah
Penulis  : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 910 Halaman
ISBN : 978-979-592-5798
Ukuran : 20 cm x 28.5 cm

Sinopsis

Buku Sejarah Lengkap Rasulullah

Mempelajari sejarah kehidupan dan perjuangan Rasulullah Shallahu Alaihi wa Sallam bukan sekedar mengetahui seperti peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada masa lampau, seperti kajian sejarah pada umumnya. Tetapi ada tujuan lebih besar dari sekedar mengetahui rentetan sejarah belaka.

Kajian sejarah Nabi Muhammad harus memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana konsep kehidupan itu harus direncanakan dan bagaimana kehidupan ideal sesuai ridha Allah itu harus diraih dan diupayakan. Dengan memahami sejarah beliau, kita dapat mengetahui makna sebenarnya dari ajaran dan prinsip Islam.

Melalui buku ini, pembaca dapat menggali catatan berharga bagi perkembangan dakwah Islam selanjutnya. Buku ini begitu istimewa karena tidak hanya menampilkan narasi kisah sejarah an sich. Lebih dari itu, di dalamnya tertuang berbagai analisa dan eksplorasi nilai-nilai keislaman yang mumpuni. Melalui pemahaman sirah nabawiyyah (sejarah Nabi Muhammad) yang tepat, setiap muslim akan mendaptkan gambaran utuh dan paripurna tentang hakikat Islam, serta memiliki semangat juang untuk merebut kembali kejayaan yang pernah dimiliki umat Islam. Semoga!

Rp 80.000
Rp 68.000Rp 68.000

Sejarah Madinah

Detail 

Judul     : Sejarah Madinah
Penulis         : Nizar Abazhah
Penerbit : Zaman
isi : 520 Halaman
ISBN : 978-602-1687-20-8
Ukuran  : 15 cm x 23 cm 

Sinopsis Buku : 

Bagaimana jika Anda diajak berwisata ke kota Nabi—Madinah Munawwarah (kota bercahaya)? Sebuah wisata tak biasa, karena Anda dibawa sang penulis untuk seakan merasakan hidup bersama Rasulullah sekitar 10 tahun, semenjak beliau berhijrah hingga detik terakhir menghadap Sang Khalik.

  • Bagaimana Rasul menjalani pergulatan hidup sehari-hari di komunitas baru sekaligus membangun kota baru—mulai dari menata moral, mereformasi sosial, hingga membangun pasar?
  • Bagaimana beliau mengelola konflik masyarakat akibat perbedaan suku, agama, dan kepentingan kelompok?
  • Bagaimana beliau menggerakkan ekonomi umat yang sehat dan berkeadilan demi meningkatkan kemakmuran dan memberantas kemiskinan?
  • Bagaimana beliau menumbuhkan semangat mencari ilmu dan meningkatkan keterampilan hidup segencar meningkatkan iman dan ibadah sehingga terbentuk peradaban unggul (ya‘lû walâ yu‘lâ ‘alaih)?
    Bagaimana beliau menghadapi intrik-intrik politik dan muslihat musuh secara anggun dan bermartabat?
  • Bagaimana beliau merintis lembaga-lembaga hukum dan pelayanan masyarakat dengan pola administrasi efektif dan pembagian kerja yang profesional?
  • Bagaimana beliau menerjemahkan keindahan Islam dalam persahabatan sesama muslim, pergaulan sosial lintas suku dan agama, serta hubungan-hubungan diplomatik antarbangsa?

    Inilah rekaman hari-hari Nabi penuh arti
    Mendidik pribadi-pribadi untuk berbudi pekerti
    Menata sendi-sendi masyarakat beradab dan berbudaya tinggi
    Inilah kisah gemilang tentang Jejak lahir Peradaban Islam yang cemerlang

Sarat dengan pelajaran dan pesan abadi: mengerti tujuan dan seni perjuangan hidup; mengelola keragaman dan kemajemukan; mengatasi ancaman dan pengkhianatan; memancang pilar-pilar sosial dalam keterbatasan; dan—yang terpenting—menjadikan iman sebagai spirit membangun peradaban, bukan sekadar mencari balasan dari Tuhan. Sangat detail, mengalir lincah, menginspirasi sekaligus bikin jatuh hati.

Rp 25.000
Rp 21.250Rp 21.250

Sejarah Wahabi & Salafi

Detail 

Judul     : Sejarah Wahabi & Salafi
Penulis         : Khaled Abou El Fadl
Penerbit : Serambi
isi : 142 Halaman
ISBN : 978-602-290-019-1
Ukuran  : 13 cm x 19 cm 

Sinopsis Buku : 

Kata Wahabi dan Salafi begitu akrab dalam keseharian umat Islam. Apakah Wahabi itu suatu mazhab? Mengapa disebut Wahabi dan apa saja ciri khas pemikiran dan pola gerakannya? Begitu pula dengan Salafi. Apakah mereka penerus pandangan para Salafus Shalih (ulama generasi terdahulu yang saleh)? Apa bedanya dengan pesantren-pesantren tradisional di Tanah Air yang dikenal dengan Pondok Pesantren Salaf?

Benarkah tudingan orang bahwa Wahabi telah memengaruhi setiap gerakan puritan di dunia Islam di era kontemporer?

Dasar-dasar teologi Wahabi dibangun oleh Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhâb (abad ke-18). Gagasan utama ‘Abd al-Wahhâb adalah bahwa umat Islam telah menyimpang. ‘Abd al-Wahhâb hendak membebaskan Islam dari semua pe­rusakan yang diyakininya telah menggerogoti agama Islam, yang di antaranya adalah tasawuf, doktrin tawasul, ajaran Syiah, serta ba­nyak praktik lain yang dinilainya sebagai bid­ah. Bagi ‘Abd al-Wahhâb, hanya dengan kembali ke Islam yang lurus, mereka akan diterima dan mendapat rida Allah.

Buku ini memaparkan sejarah Wahabi sejak kelahirannya, sepak terjangnya, hingga pengaruhnya di era modern. Merujuk pada sumber-sumber primer, termasuk dari karya kritis “orang dekat” ‘Abd al-Wahhâb sendiri, dan diperkaya referensi-referensi modern tepercaya, karya ini begitu meyakinkan, selain dituturkan dengan fokus, mengalir, dan mengasyikkan.

Sangat penting kita mengerti sejarah agar kita lebih bijak menyikapi perbedaan dan setia mengedepankan dimensi kerahmatan Islam.

Rp 140.000
Rp 112.000Rp 112.000

Shaladuddin Al - Ayyubi

Pahlawan Islam Pembebas Baitul Maqdis

Detail

Judul : Shaladuddin Al - Ayyubi
Penulis          : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Isi : 772 Halaman
ISBN : 978-979-592-613-9
Ukuran : 15.5 x 24.5 cm

Sinopsis

Tahukan Anda tentang kisah di balik sosok Shalahuddin Al-Ayyubi, berikut kami sampaikan sedikit diantaranya:
 
Perang Salib (Crusade) adalah perang terlama antara komunitas Islam dan Kristiani. Ia berlangsung hampir dua abad, sejak tahun 1095 sampai 1291 M.
 
Perang Salib merupakan proyek besar yang dipelopori oleh Paus Urbanus II, terutama sejak pertemuan kaum Kristiani di Clermont, Perancis Selatan. Perang ini bukan hanya untuk menolong Kerajaan Bizantium yang mendapat serangan dari Dinasti Saljuk, tetapi juga untuk menunjukkan dominasi Gereja Barat atas Gereja Timur (berpusat di Konstantinopel).
 
Ide dasar yang memicu serangan kaum Salib ialah ingin merebut Baitul Maqdis (Al-Aqsha) dari tangan kaum Muslimin, karena ia diyakini sebagai tempat suci kaum Kristiani. Sedangkan ide dasar perlawanan Islam, ialah keyakinan bahwa Baitul Maqdis adalah tempat Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad n, merupakan Kiblat pertama kaum Muslimin, dan kota suci ketiga setelah Makkah dan Madinah.
 
Perang Salib terjadi secara bergelombang, lintas generasi, lintas kekuasaan politik, dan lintas realita zaman. Pusat konflik terdapat di wilayah Syam (kini Suriah, Palestina, Libanon).
 
Kekuasaan Islam yang terlibat dalam front Perang Salib, meliputi Kesultanan Saljuk, Dinasti Zanki (Imaduddin Zanki dan Nuruddin Mahmud), Dinasti Ayyubiyah, serta Dinasti Mamalik. Shalahuddin Al-Ayyubi muncul dari kekuasaan Dinasti Ayyubiyah.
 
Shalahuddin Al-Ayyubi adalah sosok pahlawan Islam yang lengkap. Ia adalah seorang Sultan (raja) yang adil, panglima perang, mujahid Islam, ulama yang faqih, politisi ulung, penuntut ilmu, ahli ibadah, seorang zahid (meninggalkan kemewahan dunia), serta pemimpin yang pemurah dan penuh belas kasih.
 
Saat baru dilahirkan, bayi Shalahuddin telah melalui cobaan. Ketika itu keluarga besarnya mendapat ancaman besar, sehingga harus berpindah ke Damaskus secara diam-diam. Dalam proses perpindahan ini bayi Shalahuddin sering menangis, sehingga membuat ayahnya kehilangan kesabaran. Namun sang ayah diingatkan, bahwa bayi (Shalahuddin) tidak memiliki kesalahan apapun, sehingga tidak layak mendapat sanksi.
 
Sosok yang menjadi inspirasi Shalahuddin Al-Ayyubi adalah Nuruddin Mahmud Zanki. Ia adalah guru, pembimbing, sekaligus teladan. Missi membebaskan Baitul Maqdis telah dimulai oleh Asy-Syahid Nuruddin Zanki, lalu berhasil ditunaikan Shalahuddin.
 
Shalahuddin pernah mencapai kekuasaan politik yang luas di Mesir dan Syam, sehingga cukup mengkhawatirkan bagi Khalifah Abbasiyah. Namun dia sangat loyal kepada Khalifah Abbasiyah, tidak berniat memberontak; bahkan dia berjasa mengangkat wibawa Khilafah Abbasiyah di mata kaum Muslimin sedunia

Rp 95.000
Rp 76.000Rp 76.000
Melalui Sirah Nabawiyah insya Allah kita dapat memperoleh gambaran tentang hakikat Islam secara paripurna, yang tercermin di dalam kehidupan Nabi saw, sesudah ia dipahami secara konsepsional sebagai prinsip, kaidah, dan hukum. 

Sirah Nabawiyah merupakan upaya aplikatif yang bertujuan memperjelas hakikat Islam secara utuh dalam keteladanannya yang tertinggi, pada pribadi Muhammad saw.
Rp 110.000
Rp 88.000Rp 88.000

Sirah Nabawiyah (Hard Cover)

Detail

Judul  : SIRAH NABAWIYAH (Hard Cover)
Penulis  : Syaikh shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri
Penerbit  : Pustaka Al Kautsar
ISBN : 979-592-095-3
Halaman  : xxxii + 584
Dimensi  : 16 x 24.5 cm

Sinopsis 

Perjalanan hidup Rasulullah adalah lautan luas yang membentang, dengan kebeningan airnya yang kebiruan. Di sana tersimpan pesonaalami nan abadi. Tiada mata yang bosan memandang. Tiada hati yang  jemu  menikmati . Tiada berhenti orang menyelami.Karena sosok beliau, adalah pesona sepanjang masa.

Buku Sirah Nabawiyah ini mencoba menyajikan pesona-pesona itu. Sebagai buku yang berhasil meraih juara satu lomba karya tulis tentang sirah Rasulullah, yang di prakarsai Rabithah Al-Alam Al-Islami. Tidak mengherankan jika karya ini juga memiliki pesona tersendiri.

Rp 130.000
Rp 110.500Rp 110.500

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1

Detail

Judul  : Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1
Penulis  : Ibnu Hisyam 
Penerbit    : » Darul Falah
Isi  : 778 Halaman
ISBN : 979-3036-168
Ukuran : 17 x 24,5 cm

Sinopsis

Sirah Nabawiyah adalah kajian vital dan aktual sepanjang masa bagi kaum Muslimin. Di dalamnya tergambar esensi penerapan Islam paripurna yang tercermin pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Dan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam melukiskan kesempurnaan jati diri Rasulullah dengan jernih dan utuh dari hasil buah tangan ulama salaf yang hidup abad kedua dan ketiga Hijriyah. Sudah tentu banyak penulisan kitab-kitab sirah kontemporer menjadikan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam rujukan utamanya.

Bahkan banyak ulama, mengatakan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam adalah duplikat kitan Al-Maghazi-nya Ibnu Ishaq yang diyakini sebagai kitab Sirah Nabawiyah terbaik dan terpercaya. Insya Allah, dari kelengkapan dan kedekatannya dengan masa Rasulullah menjadikan buku ini menghadirkan Anda di sisi beliau, Amiin.

Rp 115.000
Rp 97.750Rp 97.750

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 2

Detail

Judul         : Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 2
Penulis  : Ibnu Hisyam
Penerbit  : » Darul Falah
Isi : -
ISBN : 979-3036-176
Ukuran : 17 x 24,5 cm

Sinopsis

Sirah Nabawiyah adalah kajian vital dan aktual sepanjang masa bagi kaum Muslimin. Di dalamnya tergambar esensi penerapan Islam paripurna yang tercermin pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. 

Dan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam melukiskan kesempurnaan jati diri Rasulullah dengan jernih dan utuh dari hasil buah tangan ulama salaf yang hidup abad kedua dan ketiga Hijriyah. Sudah tentu banyak penulisan kitab-kitab sirah kontemporer menjadikan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam rujukan utamanya. 

Bahkan banyak ulama, mengatakan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam adalah duplikat kitan Al-Maghazi-nya Ibnu Ishaq yang diyakini sebagai kitab Sirah Nabawiyah terbaik dan terpercaya. Insya Allah, dari kelengkapan dan kedekatannya dengan masa Rasulullah menjadikan buku ini menghadirkan Anda di sisi beliau, Amiin.

Rp 110.000
Rp 88.000Rp 88.000

Sirah Nabi Muhammad SAW

Wahai orang-orang yang beriman, patuhilah Allah dan patuhilah Rasul-Nya (Muhammad) dan ulil Amri di antara kalian (muslimin), maka jika terjadi perselisihan maka kembalikanlah urusan tersebut kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (Muhammad), jika memang kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. (Q.S. An-Nisaa': 59).

Detail

Judul  : Sirah Nabi Muhammad
Penulis     : Al-Hafizh Ibnu Katsir
Penerbit : Pustaka IMAM ASY SYAFI'I
Isi : XXVI + 577 Lembar B/W
ISBN : 978-602-8062-466
Ukuran       : 17 cm x 24 cm

Sinopsis

Salah satu buku yang wajib dibaca oleh umat Islam adalah buku sirah Nabi Muhammad . Alasannya adalah, sirah Nabi  tersebut memuat segala hal tentang kehidupan beliau secara runut, mulai dari A sampai Z, sehingga dengan membacanya kita akan mengetahui gambaran Islam yang utuh dan lengkap; yang tersaji secara lebih nyata, hidup, visual, dan mudah dipahami serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, sirah Nabi  adalah potret Islam yang hidup dan berjalan. 

  

Kitab sirah yang ada di tangan pembaca ini tergolong kitab sirah terbaik dengan alasan; penulisnya al-Hafizh Ibnu Katsir, seorang ahli sejarah yang sangat menguasai peristiwa-peristiwa sejarah Islam. Penulisannya pun disusun berdasarkan metode muhadditsin (ahli hadits) yang sangat selektif terhadap berita. Bahkan, hadits-haditsnya telah di-tahqiq dan di-takhrij oleh Syaikh Salim bin ΄Ied al-Hilali sehingga dapat dipilah mana yang pantas dijadikan hujjah dan mana yang tidak. 

Selain itu, makna lafazh-lafazhnya telah diperjelas sehingga dapat dipahami dengan mudah. Dan yang istimewa, adanya tambahan pem-bahasan mengenai sifat fisik Nabi , keadaan rumah tangga beliau, dan hukum-hukum yang Allah khususkan bagi Nabi-Nya ini, yang tidak di-miliki oleh Nabi-Nabi lain maupun oleh umatnya. Suatu penjabaran yang sangat jarang tercantum pada buku-buku Islam bertema sirah. 

Membaca buku ini, selain mendapatkan uraian kisah-kisah Nabi  yang dapat dipertanggungjawabkan, juga akan menambah wawasan kita tentang sosok Nabi kita, Muhammad , secara lebih luas dan mendalam.

Rp 105.000
Rp 84.000Rp 84.000

Rincian Product

Judul : Tarikh Khulafa
Penulis : Imam As-Suyuthi
No ISBN : 978-979-592-1752
Kategori : Referensi Sejarah tokoh
Cover : Hard Cover
Isi : 593 hlm
Ukuran : 16 X 24.5 cm
Berat : 1000 gr
Harga : Rp 105.000,00
Diskon : 20 %
Harga Netto : Rp 84.000,00


Tarikh Khulafa

Zaman terus berputar , peristiwa sejarah akan berulang, tempat dan situasinya yang berbeda. Putaran zaman mempergilirkan antaran kebaikan dan keburukan. Dan kondisi suatu zaman akan sangat dipengaruhi oleh siapa yang menjadi pemimpinnya saat itu. Hal ini dapat kita saksikan pada perjalanan umat islam dari semenjak masa kenabian, masa khulafa’urrasyidin serta masa kedinastian Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah.

Kekhilafahan mengalami masa keemasan pada masa-masa khulafa’urrasyidin terutama pada masa Khalifah Abu bakar, Umar dan setengah dari masa kekhilafahan Utsman bin Affan.Setelah berakhirnya masa khulafa’urrasyidin, kekhilafahan berpindahsecara turun temurun, adakalanya berada di tangan orang yang zhalim dan durhakan. Namun bagaimanapun kondisi mereka  tetap lebih baik disbanding dengan masa pasca kejatuhan khilafah.Imam As-Suyuthi, seorang ulama besar yang hidup antara tahun 849-911 H, mengungkap perikehidupan para khalifah (penguasa) berdasarkanperiwayatan yang terpercaya dan komentar-komentar para ulama yang langsung menjadi pelaku sejarah. Karya beliau  merupakan warisan yang sangat berharga karena kaya dengan pelajaran yang mendalam dan menjadi rujukan sepanjang zaman bagi umat yang ingin memahami sejarah para penguasa pendahulunya.

Rp 195.000
Rp 165.750Rp 165.750

The Golden Story Of Umar Bin Khaththab

EXLUSIVE PHOTOS Full Colors INSIDE

Detail

Judul  : The Golden Story Of Umar Bin Khaththab 
Penulis  : Dr. Ahmad Hatta, MA., dkk.
Penerbit : Magfirah Pustaka
Isi/Berat : 339 Halaman / 1kg
ISBN : 979-25-26234
Ukuran          : 17.5 cm x 25.5 cm

Sinopsis

Buku The Golden Story Of Umar Bin Khaththab , Dalam sejarah Islam, tak ada orang yang begitu sering disebut sebut namanya sesudah Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam seperti nama Umar bin Khattab. Nama itu disebut-sebut dengan penuh kagum dan sekaligus rasa hormat bila dihubungkan dengan segala yang diketahui orang tentang sifat-sifatnya dan bawaannya yang begitu agung dan cemerlang. Jika orang berbicara tentang zuhud meninggalkan kesenangan dunia padahal orang itu mampu hidup senang, maka orang akan teringat pada zuhud Umar.

Ia disebut Al-Faruq disebabkan sikap istiqamahnya dalam membedakan antara hak dan bathil. Ia begitu adil walau terhadap keluarganya

Di antara para sahabat Nabi, jelas Umar bin Khattab yang paling banyak dibicarakan, dikutip dan dibahas orang. Mengapa begitu? Dalam buku islam ini, tampak jelas kehidupan tokoh yang luar biasa ini sejak kelahirannya, masa jahiliahnya yang garang, masuk Islam serta peranannya di samping Nabi dan sahabat-sahabatnya, mendampingi Abu Bakr, menjadi Amirulmukminin, hingga akhir hayatnya, dengan bahasa terjemahan yang enak dibaca dan jelas. Rasanya tak akan berhenti kita membacanya sebelum tamat.

Kalau kita ingin membaca Sirah Nabawiyah atau sejarah dengan penelitian dan analisis yang mendalam, tetapi seperti membaca sebuah novel, mengasyikkan, maka yang demikian itu akan kita dapati dalam Buku Umar Bin Khattab ini. Buku-buku biografi yang ditulis haekal, termasuk buku islam ini, sering menimbulkan impirasi. Begitu juga dalam ia membuat studi, meneliti lalu memberi ulasan. Tidak begitu saja ia menerima apa yang biasa ditulis orang. Ia membuat kesimpulan, setelah menghadapi masalah-masalah yang dipandang rumit.

Baca Juga : THE GREAT STORY OF MUHAMMAD Shalallahu "Alaihi Wasallam

Habis
Rp 45.000
Rp 38.250Rp 38.250

The Great of Two Umars

Kisah Hidup Dua Khalifah Paling Legendaris: Umar ibn al-Khathab dan Umar ibn Abdul Aziz

Detail

Judul  : The Great of Two Umars
Penulis        : Fuad Abdurrahman
Penerbit : » Penerbit Zaman
Isi : 346 Halaman
ISBN : 978-602-17919-05
Ukuran  : 13 x 20 cm

Sinopsis 

Cerita-cerita menakjubkan dua pemimpin-Islam yang gemar blusukan

 

Umar ibn al-Khathab adalah jawaban doa Rasulullah. Rasulullah pernah memohon, “Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah satu dua Umar: Amr ibn Hisyam (Abu Jahal) dan Umar ibn al-Khathab.” Rasulullah sangat menginginkan wibawa dan pengaruh kedua orang itu untuk perkembangan Islam. Allah memilih Umar ibn al-Khathab. Dan benar saja, Umar adalah orang yang mendorong Rasulullah dan umat Islam tak perlu sembunyi-sembunyi mengerjakan shalat, ia menantang siapa pun yang berani menghalangi. Umar menjadi salah satu penakluk terhebat dalam sejarah dunia. Islam berkembang pesat pada masanya dan menjadi negara adikuasa yang menaklukkan imperium Persia dan Bizantium.

Konon, Umar bermimpi. Ia terbangun. “Siapakah orang Bani Umayah dalam mimpiku ini? Salah seorang keturunan Umar, memiliki nama Umar, dan akan menjadi pemimpin dengan karakter Umar.” Umar memimpikan itu pada empat puluh tahun sebelum sosok dalam mimpi itu lahir. Dialah Umar ibn Abdul Aziz, sang cicit.

Para sejarawan menyebut Umar ibn al-Khathab sebagai Umar I dan Umar ibn Abdul Aziz sebagai Umar II. Penomoran semacam itu bukan semata keduanya sama-sama bernama Umar dan sama-sama menjadi khalifah. Lebih penting daripada itu, Umar ibn Abdul Aziz berhasil mereformasi dan menata pemerintahan serta mengeluarkan kebijakan yang adil dan merakyat. Ia terinspirasi Umar ibn al-Khathab. Ia ingin menjalankan pemerintahan sebagaimana Umar ibn al-Khathab melakukannya. Ia kerap menyamar jadi orang biasa demi mendekati dan mengetahui kondisi rakyat secara langsung, blusukan, sebagaimana Umar ibn al-Khathab.

Buku ini menyuguhkan kisah-kisah teladan dan kepemimpinan dua khalifah paling fenomenal dalam sejarah Islam itu. Fragmen dua Umar yang menakjubkan, menyentuh, dan terkadang tak terduga. Jika saat ini ada pemimpin yang mencitrakan diri merakyat dan membuat Anda kagum, ingatlah Umar ibn al-Khathab dan Umar ibn Abdul Aziz.

Rp 290.000
Rp 232.000Rp 232.000

THE GREAT STORY OF MUHAMMAD Shalallahu "Alaihi Wasallam

Detail

Judul  : THE GREAT STORY OF MUHAMMAD Shalallahu "Alaihi Wasallam
Penulis  : Tim Maghfirah
Penerbit  : Maghfirah
Ukuran  : 15 x 20,5 cm
Tebal  : 600 Halaman
Kertas  : LUX (Art Paper, Fullcolor)
Cover : Hard Cover 

Sinopsis Buku

Referensi Lengkap Hidup Rasulullah SAW, dari sebelum kelahiran hingga detik-detik terakhir. Perjalanan hidup Rasulullah saw adalah the great story, sebuah kisah yang agung, karena setiap jejak langkah beliau dibimbing langsung oleh wahyu Ilahi. Di dalamnya sarat dengan nilai-nilai kebaikan, hikmah, dan pedoman hidup yang dapat membimbing dan menginspirasi manusia menuju sukses dunia dan akhirat. Dan sungguh, sebuah kenikmatan tak terhingga jika kita seakan-akan hidup besama Rasulullah saw.

Buku ini insya Allah akan memberikan kenikmatan tersebut karena akan membawa kita seolah-olah ke masa 14 abad silam, untuk merasakan dan melihat langsung perjuangan Rasulullah saw. Merasakan kesedihan saat beliau ditinggal selamanya oleh kedua orangtuanya. Melihat keceriaan beliau ketika masih anak-anak dan remaja. Merasakan kegigihan beliau saat berdagang. Menyaksikan kebahagiaan beliau saat menikahi Khadijah. merasakan gemetarnya beliau saat malaikat Jibril turun membawa wahyu. Merasakan berat, pahit dan getirnya perjuangan beliau menyebarkan risalah Islam kepada umat manusia. Menyaksikan perjalanan hijrah beliau dari makkah ke Madinah. menyaksikan kebahagiaan beliau ketika penduduk Anshar menyambutnya di Yatsrib (Madinah). merasakan suasana kemenangan saat mengalahkan musuh di perang Badar. Melihat saat-saat kritis yang beliau hadapi di perang Uhud. Menyaksikan tawadhunya beliau ketika membebaskan kota Makkah. Dan merasakan perjuangan beliau menahan rasa sakit menjelang wafat.

Usai membaca buku ini, insya Allah kita dapat mengambil inspirasi dari kisah agung Rasulullah Saw.

PERTAMA DI INDONESIA BUKU SIRAH NABAWIYYAH SEPERTI MAJALAH!! THE GREAT STORY OF MUHAMMAD: DARI SEBELUM KELAHIRAN HINGGA DETIK-DETIK TERAKHIR (Penerjemah: DR Ahmad Hatta, MA; Penyunting: Erwyn Kurniawan, S.IP; Desain: Debby Emmarahma, Penerbit: Maghfirah Pustaka)

Bahasanya populer,

Enak dan mudah dicerna;

Dilengkapi Foto2 Eksklusif dan gambar Full Colour plus BOX FEATURE

Kelebihan Buku The Great Story Of Muhammad Shalallahu 'Alayhi Wasallam..

  • Sirah Nabawiyah dalam terjemah bahasa Indonesia yang diambil dari beberapa buku karangan Syaikh Safiyyurahman al Mubarakfuri (dengan kitab ArRahiq AlMakhtum)
  • Ditampilkan LENGKAP dengan FOTO FULLCOLOR ILUSTRATIF, sehingga kita akan diajak "berkelana" ke Negeri PAling paling damai dengan pemimpin yang bijaksana, disertai FOTO SANDAL RASULULLAH, GAMIS RASULULLAH, GUA JABAL NUR, KUNCI KA'BAH, dan masih banyak lagi, 
  • Juga, kisah2 cinta paling romantis dimuka bumi akan kita saksikan dalam buku ini, yakni kisah cinta Rasulullah bersama istri istrinya yang akan memotivasi, menginspirasi dan menumbuhkan cinta (lagi) kepada istri dan keluarga besar kita...
  • Dicetak dengan Hard COver, dan kertas Art Paper, sehingga cetakan lebih tajam, nyaman dibaca,awet (sehingga akan memungkinkan jika suatu saat menjadi warisan anak cucu kita)
  • sangat "Pas" bagi pemuda yang ingin menghadiahkan (mahar) kepada calon mempelainya...
Rp 100.000
Rp 85.000Rp 85.000

The Greatness of Al-Andalus

Detail 

Judul     : The Greatness of Al-Andalus
Penulis         : David Levering Lewis
Penerbit : Serambi 
isi : 676 Halaman
ISBN : 978-979-024-330-9
Ukuran  : 15 cm x 23 cm 

Sinopsis Buku : 

Peran Islam dalam Mengakhiri Abad Kegelapan

Pada musim gugur 732, dua pasukan besar, Muslim dan Kristen, saling berhadapan di tengah dataran Prancis dalam sebuah pertempuran yang akan mengubah sejarah Eropa. Itulah perang Poiters yang terkenal itu. Menurut sejumlah keterangan, Charles Martel, pemimpin pasukan Frank, menyelamatkan kekristenan dari serbuan Islam sekaligus menghentikan gelombang muslim yang merangsek menjangkau Spanyol.

Namun, benarkah demikian? Tidak, kata David Levering Lewis. Dalam buku ini, pemenang dua kali penghargaan Pulitzer itu menelaah ulang Perang Poiters dengan sudut pandang baru. Dalam menceritakan periode 400 tahun masa kekuasaan muslim di Eropa, Lewis meragukan asumsi-asumsi yang mendominasi buku-buku sejarah konvensional. Untuk itu, ia menghadirkan narasi yang memukau dan menempatkan Muslim Spanyol, dengan warisannya yang kaya dan gemilang, kembali ke jantung politik dan kebudayaan Eropa.

Dimulai dengan perang tiada henti antara kekaisaran Romawi dan Persia, Lewis menyusun buku ini sejak kelahiran Islam dan perkembangan kekuasaan Islam dari Timur Tengah dan Afrika Utara sebelum tiba di abad kegelapan Eropa. Berdiri secara mengejutkan di Spanyol pada pertengahan awal abad kedelapan, penguasa muslim akhirnya menciptakan suasana sarat toleransi antara Muslim, Yahudi, dan Kristen. Kondisi inilah memunculkan Al-Andalus sebagai negara makmur dan kosmopolit yang pada gilirannya mengubah wajah Eropa dan Barat.

Lewis menghadirkan potret Islam Spanyol yang luar biasa dalam detail sejarah yang begitu hidup, mulai dari keindahan yang sangat inspiratif La Mezquita, Masjid Agung Kordoba, sampai ke istana-istana khalifah yang besar-besar ketimbang istana di Versaillers.

Lewis menutup bukunya secara dramatis dengan mengisahkan bahwa saat kehancurannya, Islam justru menjadi bara pencerahan di Eropa, namun muslim pragmatis kalah oleh fundamentalisme dan militansi kalangan Kristen. Lewis menutup sejarah ini dengan potret yang syahdu melalui perikehidupan dua filsuf besar akhir abad tiga belas; seorang sarjana Yahudi Maimonides dan filsuf muslim Ibnu Rusyd.

Rp 109.000
Rp 87.200Rp 87.200

Umar bin Abdul Aziz

Detail

Judul             : Umar bin Abdul Aziz
Penulis  : DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi
Penerbit  : Pustaka Al Kautsar 
Isi : 609 Halaman 
ISBN : 978-979-592-5392
Ukuran               : 15.5 cm x 24.5 cm 

Sinopsis

Umar bin Abdul Aziz hanya menjabat khalifah selama tiga puluh bulan saja. Namun hasil dari kepemimpinannya sungguh terlihat. Banyak orang kaya yang kecewa di masanya, karena tidak menemukan orang-orang fakir untuk dibantu. Karena Umar bin Abdul Aziz sudah memberikan kecukupan kepada seluruh masyarakat ketika itu.” (Ibnu Abdil Hakam dalam Sirah Umar bin Abdul Aziz)

“Setiap awal seratus tahun Allah mengutus orang yang akan membetulkan perkara agama umat ini. Kami pun memperhatikan di masa seratus tahun pertama, ternyata dia adalah Umar bin Abdul Aziz.” (Imam Az-Zuhri dan Ahmad bin Hambal)

“Demi Allah, aku sangat ingin seandainya dapat berlaku adil walaupun hanya satu hari, dan Allah mencabut nyawaku pada saat itu.” (Umar bin Abdul Aziz)

Rp 120.000
Rp 102.000Rp 102.000

Umar bin Khattab

( Sebuah Telaah Mendalam Tentang Pertumbuhan Islam dan Kedaulatannya Masa itu )

Detail
Judul  : Umar Bin Khattab
Penulis  : Muhammad Husain HAEKAL 
Penerbit     : Litera AntarNusa
Isi : 858 Halaman
ISBN : 9789798100383
Ukuran : 16 x 24 x 5 cm

Sinopsis

Di antara para sahabat Nabi, jelas Umar yang paling banyak dibicarakan, dikutip dan dibahas orang. Mengapa begitu? Dalam buku ini, tampak jelas kehidupan tokoh yang luar biasa ini sejak kelahirannya, masa jahiliahnya yang garang, masuk Islam serta peranannya di samping Nabi dan sahabat-sahabatnya, mendampingi Abu Bakr, menjadi Amirulmukminin, hingga akhir hayatnya, dengan bahasa terjemahan yang enak dibaca dan jelas. Rasanya tak akan berhenti kita membacanya sebelum tamat.
Analisisnya tentang kehidupan agama, sosial, politik dan administrasi negara dirintis oleh Umar dengan peranannya yang begitu menonjol dalam bergelut dengan semua itu. Masuknya Islam ke Irak, ke Syam, ke Persia dan ke Mesir merupakan sejarah Islam tersendiri. Keyakinan apa saja yang dianut mereka sebelum kedatangan Islam ke sana dan bagaimana sikap dan sambutan mereka terhadap agama baru ini? Bagaimana kebijakan Umar dalam hal ini? Mengapa begitu? Jawaban yang diberikan pengarang untuk semua itu serta logika uang mendasarinya memberi wawasan tersendiri yang sangat berharga buat direnungkan, terutama dalam kehidupan kita masa sekarang. Akan kta lihat juga ijtihad Umar mengenai hukum fikih yang berlaku pada zamannya, di samping peristiwa-peristiwa hukum baru yang timbul setelah Rasullah wafat. Ijtihadnya tentang hadis Nabi itu sendiri, tentang minum keras, tentang hukum talak, tentang mualaf dan sebagainya. Fikih banyak berutang budi kepada Umar, kata para ahli. Mengapa Khalifah yang agung ini menjadi pembicaraan o
rang sebagai tokoh sejarah, di Timur dan di Barat, dan dijadikan teladan?
Kalau kita ingin membaca biografi atau sejarah dengan penelitian dan analisis yang mendalam, tetapi seperti membaca sebuah novel, mengasyikkan, maka yang demkian itu akan kita dapati dalam buku ini.
Buku-buku biografi yang ditulis Haekal, termasuk buku ini, sering menimbulkan inspirasi. Begitu juga dalam ia membuat studi, meneliti lalu memberi ulasan. Tidak begitu saja ia menerima apa yang biasa ditulis orang. Ia membuat kesimpulan, setelah mengahadapi masalah-masalah yang dipandang rumit...
Rp 30.000
Rp 25.500Rp 25.500

Usman Bin Affan

( Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan )

Detail

Judul  : Usman Bin Affan
Penulis  : Muhammad Husain HAEKAL
Penerbit     : Litera AntarNusa
Isi : 154 Halaman
ISBN : 978-979-8100-406
Ukuran : 23,5 x 15,5 x 1,4 cm

Sinopsis

Dalam buku ini terlebih dulu pengarang memperkenalkan kepada kita sosok Khalifah ketiga ini, Usman bin Affan, paras muka, gerak-gerik dan kegemarannya, asal-usul dan kedudukannya di samping Nabi dan para sahabat, akhlaknya sebelum dan sesudah masuk Islam. Perkawinannya dengan Ruqayyah dan Um Kulsum putri-putri Nabi, sampai hijrahnya ke Abisinia.

// // //