Fiqih

Sort By:

Rp 49.000
Rp 39.200Rp 39.200

7 Kaidah Utama Fikih Muamalat

Detail

Judul         : 7 Kaidah Utama Fikih Muamalat
Penulis  : DR. Yusuf Al-Qaradhawi
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Isi : 292 Halaman
ISBN : 978-979-592-6702
Ukuran        :  13,5 x 20,5 cm

Sinopsis

Buku 7 Kaidah Utama Fikih Muamalat


Kaidah-kaidah fikih (qawa`id fiqhiyyah) adalah kaidah-kaidah hukum yang disusun oleh para ahli fikih, sebagai pedoman untuk mempermudah dan membantu memahami permasalahan fikih di dalam menentukan hukum dari suatu perkara dan kejadian.

Kaidah-kaidah ini sangat banyak dan bercabang-cabang. Dari sini, seorang pengkaji hukum Islam atau faqih tidak dapat memahami segala sisi kajian hukum Islam kecuali jika ia mempelajari qawa`id fiqhiyyah. Semakin tinggi tingkat penguasaan seorang faqih akan kaidah-kaidah ini, maka tingkat prestisenya akan semakin naik dan rangkingnya pun akan semakin meningkat, dan terbukalah jalan di hadapannya menuju prosedur fatwa. Oleh karena itu, mempelajari kaidah-kaidah fikih merupakan kewajiban bagi setiap orang yang menggeluti dunia fikih.

Buku ini berupaya keras memaparkan tujuh kaidah-kaidah fikih yang dikaitan dengan fikih muamalat, dengan gaya bahasa sederhana yang sesuai dengan kekinian dan dengan ungkapan yang jelas dan jauh dari unsur bertele-tele, ruwet, dan rumit.

Rp 127.500
Rp 108.375Rp 108.375

Fikih Ibadah 

Panduan Lengkap Beribadah Sesuai Sunnah Rasulullah

Detail

Judul  : Fikih Ibadah 
Penulis : Hasan Ayub
penerbit       : Cakrawala
isi : -
ISBN : 978-979-3785-837
Ukuran : 20 x 26,5 x 2,5 cm

Sinopsis

Dalam buku ini, penulis berusaha untuk bersandar pada dalil-dalil yang sahih dan menjauh dari perselisihan mazhab, kecuali jika perselisihan yang ada masih bersandar pada dalil yang kuat dan memudahkan bagi pembaca. Buku ini layak jika dijadikan sebagai referensi yang memadai bagi setiap kaum muslimin yang berkeinginan untuk mendalami dan mempelajari hukum-hukum Allah dengan mudah dan praktis. 

Buku ini sudah menjadi suatu keharusan keberadaannya di setiap rumah, yang penghuninya ingin beribadah kepala Allah berdasarkan pemahaman yang benar dan berkeinginan untuk mengetahui perbedaan antara ibadah yang benar dan ibadah yang salah, atau perbedaan antara ibadah yang sempurna dan ibadah yang kurang sempurna.

Habis
Rp 700.000
Rp 560.000Rp 560.000

Fikih Sunnah 1 set Cakrawala Publishing

Detail

Judul  : Fikih Sunnah 1 set 5 Jilid
Penulis  : Sayyid Sabiq
Penerbit :  Cakrawala Publishing
ISBN : 9789793785684
Jenis Cover  : Hard Cover
Harga  : 587,000 | Diskon 20%

Sinopsis :

Tahqiq dan Takhrij: Muhammad Nashiruddin al-Albani (Dari Kitab Tamamul Minnah).

Kitab yang mendapat sambutan luar biasa dari seluruh ummat Islam di penjuru dunia ini memuat sekitar tiga ribu hadis dan ditulis selama kurang lebih 20 tahun. Bahkan, karenanya buku ini juga mendapat pengakuan dari seluruh ulama dunia sebagai kitab fikih terbaik dalam zaman modern ini.

 

Jilid pertama Fiqih Sunnah mengupas mulai dari masalah thaharah dengan berbagai macamnya, shalat wajib dan sunnah, hingga sebagian masalah zakat.

Jilid kedua mengupas sebagian masalah zakat, puasa, jenazah dan hal-hal yang berkaitan dengannya, haji, hingga sebagian masalah pernikahan.

Jilid ketiga mengupas hikmah poligami, berbagai hal tentang perkawinan (wali dan kedudukannya, hak dan kewajiban suami-istri, nafkah, akad nikah, walimah, dan sebagainya), serta berbagai hal yang berkaitan dengan hukuman.

Dan jilid terakhir mengupas mulai dari jihad, perang, jizyah, ghanimah, kafarat sumpah, hukum jual-beli, riba, pinjaman, gadai, mudharabah, utang, dan sebagainya.

Buku Fiqih Sunnah ini adalah karya monumental. Fiqih Sunnah mengupas masalah-masalah fiqih Islam berdasarkan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur`an, sunnah yang sahih, dan ijma’ ulama kaum muslimin. Fiqih Sunnah dianggap memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fiqih Islam. Sehingga, dengan membacanya banyak kalangan optimistis akan sebuah pencerahan; umat Islam dapat berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan sunnah serta melenyapkan pertikaian pendapat, fanatik mazhab, dan menghapus takhayul yang mengatakan bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Untuk itu pada 1994, berkat buku ini Sayyid Sabiq memperoleh penghargaan King Faisal Prize dalam bidang kajian Islam.

 

Pentingnya buku ini untuk dimiliki juga karena sekian banyak hadits yang terdapat di dalamnya yang mencapai 3000 hadits sudah ditakhrij dan ditahkik oleh Syekh Muhamad Nasiruddin al-Albani, sosok ulama yang tidak asing lagi bagi kaum Muslimin; seorang muhaddits kenamaan yang kredebilitasnya di bidang hadits tidak diragukan lagi. Selain beliau, ulama hadits al-Azhar juga turut serta menakhrij dan menahkik hadits yang terdapat dalam buku ini. Sehingga, buku Fikih Sunnah yang diterbitkan Cakrawala ini semakin komplit dan merupakan edisi termuatakhir.

 

Banyak ulama memuji buku ini. Menurut sebagian besar mereka, buku ini dinilai telah memenuhi hajat perpustakaan Islam akan fikih sunah yang dikaitkan dengan mazhab fikih. Karena itu, mayoritas kalangan intelektual yang belum memiliki komitmen pada mazhab tertentu atau fanatik terhadapnya begitu antusias untuk membacanya. Hal itu, tak lain karena sebagai buku rujukan, buku ini sangat memudahkan mereka untuk merujuknya setiap mengalami kebuntuan dalam beberapa permasalahan fikih.

Dan kini, kitab fikih Sunnah ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan dibaca orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Rp 70.000
Rp 56.000Rp 56.000

Fiqh Demokrasi

Menguak Kekeliruan Pandangan Haramnya Umat Terlibat Pemilu dan politik

Detail

Judul  : Fiqh Demokrasi
Penulis  : Rapung Samsuddin LC MA
Penerbit  : » Pustaka Al-Kautsar
Isi : 464 Halaman
ISBN : 978-979-592-6634
Ukuran : 14.5 cm x 21 cm

Sinopsis

Buku Fiqih Demokrasi

Hukum Islam tidak memberikan batasan bagi satu metode tertentu untuk memilih dan mengangkat kepala negara.

Kenyataan ini bukan kebetulan tapi ini tentu didasari tujuan yang agung, yakni agar tidak menjadi kesulitan (haraj) bagi umat manusia. Agar manusia dapat memilih pemimpin mereka berdasarkan metode yang sejalan dengan tuntutan zaman dan waktu; selama tidak keluar dari batas syariat.

Penulis ingin memberi kontribusi pemikiran seputar status syar'i praktik demokrasi. Harapannya bisa menjadi pencerahan dan menjadi bahan kajian. Agar umat khususnya para du'at tidak lagi apatis dan masa bodoh terhadap persoalan politik ( al-qadhaya as-siyasiyah). Agar mau menyalurkan aspirasi untuk maslahat kaum muslimin. Minimal memberi sokongan bagi saudara-saudara mereka yang berjuang di Parlemen.

Rp 95.000
Rp 85.500Rp 85.500

FIQIH EMPAT MAZHAB

Judul  : FIQIH EMPAT MAZHAB
Penulis  : Syaikh al-'Allamah Muhammad bin 'Abdurrahman adDimasyqi
Penerbit  : Hasyimi
Harga : Rp 80.000 | Diskon 15%
Cover  : Hard Cover
ISBN : 978-602-9715 -3-9
Ukuran : 15,5 x 23,5 x 3 cm

Sinopsis :

Dari semua bidang ilmu yang banyak dikaji dalam Islam, Ilmu Fiqihlah yang paling banyak diperhatikan dan juga paling banyak melahirkan perbedaan pendapat. Karena masing-masing mazhab memiliki dalil dan argumentasi sendiri, maka sikap terbaik yang harus diambil adalah menerima berbagai macam perbedaan pendapat itu sendiri. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw.,"perbedaan pendapat dikalangan umatku adalah rahmat."

Fiqih bagaikan lautan ilmu tak bertepi, sebab, satu masalah dalam fiqih bisa berkembang dan bercabang menjadi banyak. Sudah umum diketahui bahwa mazhab fiqih mempunyai pandangan yang berbeda pandangan tentang satu masalah yang sama. Bahkan, boleh jadi perbedaan itu muncul justru di kalangan ulama fiqih yang semata.

Buku di tangan pembaca ini adalah buku fiqih klasik dalam empat mazhab Sunni yakni, Hanafi, Syafi'i, Maliki, dan Hanbali yang disusun sedemikian rupa oleh seorang ulama fiqih terkemuka, Syaikh al-'Allamah Muhammad bin 'Abdurrahman adDimasyqi, sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Rp 600.000
Rp 480.000Rp 480.000

Fiqih Sunnah 1 Set "Ikhlas dan Ikhtiar"

Detail

Judul : Fiqih Sunnah Lux (Edisi Terlengkap)  
Penulis  : Sayyid Sabiq
Penerbit : Ikhlas dan Ikhtiar
ISBN : 9791-35600-7
Jenis Cover  : Hard Cover
Harga  : 600.000 | Diskon 20%

Sinopsis :

Karya monumental dari Syekh Sayyid Sabiq ini mengupas masalah-masalah fiqih Islam dari A sampai Z. Pilihan fikihnya yang bersandar pada dalil-dalil al-Quran dan as-Sunnah yang sahih serta Ijma kaum muslimin. Memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fiqih Islam. Mengajak umat Islam berpegang teguh kepada al-Quran dan Sunnah sahihah serta menghindari pertikaian pendapat, fanatik madzhab dan menghapus mitos yang mengatakan bahwa pintu ijtihad telah tertutup.

 

Pembahasan fikih dalam buku Fikih Sunnah dipaparkan dengan sistematika dan bahasa yang mudah dicerna, praktis dan lugas sehingga sesuai dengan kebutuhan umat saat ini. Pada beberapa pembahasan yang membutuhkan kupasan panjang lebar, penulis pun tak segan-segan membahasnya secara terperinci. Karena itulah, tidak mengherankan jika buku ini menjadi salah satu rujukan utama masalah fiqih di hampir semua penjuru dunia Islam.

Kitab Fikih Sunnah pada mulanya adalah materi-materi fikih yang diajarkan Sayyid Sabiq untuk anggota Ikhwanul Muslimin. Atas anjuran Imam Hasan al-Banna, pendiri dan mursyid am (ketua umum) pertama Ikhwanul Muslimin, materi-materi tersebut akhirnya dibukukan. Tidak langsung utuh menjadi empat jilid seperti sekarang, tapi berupa buklet berseri.

Rp 650.000
Rp 520.000Rp 520.000

Fiqih Sunnah 1 set Penerbit Pena

Detail

Judul : Fiqih Sunnah Lux (Edisi Terlengkap)  
Penulis  : Sayyid Sabiq
Penerbit : Penerbit Pena
ISBN : 9789793855790
Jenis Cover  : Hard Cover
Harga  : 650.000 | Diskon 20%

Sinopsis :

Karya monumental dari Syekh Sayyid Sabiq ini mengupas masalah-masalah fiqih Islam dari A sampai Z. Pilihan fikihnya yang bersandar pada dalil-dalil al-Quran dan as-Sunnah yang sahih serta Ijma kaum muslimin. Memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fiqih Islam. Mengajak umat Islam berpegang teguh kepada al-Quran dan Sunnah sahihah serta menghindari pertikaian pendapat, fanatik madzhab dan menghapus mitos yang mengatakan bahwa pintu ijtihad telah tertutup.

 

Pembahasan fikih dalam buku Fikih Sunnah dipaparkan dengan sistematika dan bahasa yang mudah dicerna, praktis dan lugas sehingga sesuai dengan kebutuhan umat saat ini. Pada beberapa pembahasan yang membutuhkan kupasan panjang lebar, penulis pun tak segan-segan membahasnya secara terperinci. Karena itulah, tidak mengherankan jika buku ini menjadi salah satu rujukan utama masalah fiqih di hampir semua penjuru dunia Islam.

Kitab Fikih Sunnah pada mulanya adalah materi-materi fikih yang diajarkan Sayyid Sabiq untuk anggota Ikhwanul Muslimin. Atas anjuran Imam Hasan al-Banna, pendiri dan mursyid am (ketua umum) pertama Ikhwanul Muslimin, materi-materi tersebut akhirnya dibukukan. Tidak langsung utuh menjadi empat jilid seperti sekarang, tapi berupa buklet berseri.

  • Jilid pertama dari kitab Fiqih Sunnah diterbitkan pada tahun 1940-an. Isinya mengupas berbagai masalah mengenai fikih, seperti thaharah dengan berbagai macamnya, shalat wajib dan sunnah, hingga sebagian masalah zakat.
  • Jilid kedua mengupas sebagian masalah zakat, puasa, jenazah dan hal-hal yang berkaitan dengannya, haji, hingga sebagian masalah pernikahan.
  • Jilid ketiga mengupas hikmah poligami, berbagai hal tentang perkawinan (wali dan kedudukannya, hak dan kewajiban suami-istri, nafkah, akad nikah, walimah, dan sebagainya), serta berbagai hal yang berkaitan dengan hukuman. Dan jilid terakhir mengupas mulai dari jihad, perang, jizyah, ghanimah, kafarat sumpah, hukum jual-beli, riba, pinjaman, gadai, mudharabah, utang, dan sebagainya.

Rp 550.000
Rp 440.000Rp 440.000

Fiqih Sunnah Al Itishom 1 Set ( 3 Jilid)

Detail

Judul  : Fiqih Sunnah Al Itishom 1 Set (3 Jilid)
Penulis  : Sayyid Sabiq
Penerbit  : Al Iitshom
Tebal Buku Jilid 1 : 904 halaman
Tebal Buku Jilid 2  : 754 halaman
Tebal Buku Jilid 3 : 734 halaman
Ukuran : 15,5 cm x 24 cm
Harga  : Rp 499,000 | Diskon 20%

Sinopsis 

Kerapkali kita merasa kesulitan saat membaca kitab fiqih atau belajar fiqih karena istilah-istilah yang sulit dipahami. Namun berbeda dengan kitab fiqih sunnah karya syaikh sayyid sabiq, kitab yang ditulis selama 30 tahun ini merupakan buku fiqih sederhana yang menggunakan metode “fiqih dalil”. Setiap permasalahan fiqih dibahas, disertai dalil, baik dari Al-quran, as-sunnah, Al-ijma` atau dalil-dalil fiqih yang lainnya.

Walaupun sederhana, buku ini mencakup berbagai masalah fiqih yang biasa kita hadapi dalam keseharian. Tidak berlebihan kalau dikkatakan, dengan membaca buku fiqih sunnah, kebutuhan akan fiqih kita sudah terpenuhi.

Masalah-masalah fiqih dalam buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dan lengkap. Lebih dari itu, syaikh sayyid sabiq berusaha tidak mengangkat perbedaab pendapat yang terjadi diantara para ulama. Namun jika mengharuskan, sayyid sabiq mengemukakannya sekilas.

Sayyid sabiq tidak pernah menarik pendapat-pendapatnya dalam buku ini. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak menemukan dalil yang mengharuskan beliau menarik pendapatnya dan menggantinya.

Beberapa kritik dilontarkan terhadap buku ini. Diantara kritk yang ada, “buku ini tidak bermadzhab, tidak bermadzhab adalah pintu menuju tidak beragama”. Namun sesunggguhnya…. Buku ini tidak bias dikatakan tidak bermadzhab karena buku ini tidak menyerang madzhab dan tidak menyatakan tidak setuju dengan mazhab. Sayyid sabiq berpegang pada kaidah, “setiap ilmu yang diambil dari ahlinya bias diterima”.

Untuk menjaga kesamaan makna, fiqih sunnah yang diterbitkan Al-i`tishom ini diedit oleh editor ahli, Dr. Muhammad taufik hulaimi, M.A., M.Ed. seorang doctor dibidang ushul fiqih di fakultas syariah universitas umm damman dan pengajar fiqih sunnah sekaligus orang yang pernah bertemu dan belajar fiqih sunnah dengan penulis.

Rp 49.000
Rp 41.650Rp 41.650

Fiqih Tradisi

Cara Baru Memandang Tradisi Islam di Indonesia

Detail

Judul  :  Fiqih Tradisi 
Penulis  : Ahmad Bisyri Syakur, Lc, M.A
Penerbit  : » Salamadani Grafindo
Isi : -
ISBN : 978-602-7817-067
Ukuran           : 13 x 20 cm

Sinopsis 

Agama dan tradisi bagaikan dua sisi dalam kepingan sebuah koin. Dua hal yang bisa bertolak belakang, tetapi tak dapat dipisahkan. Ada tradisi yang memang sesuai dengan ajaran Islam. Namun, tidak sedikit yang ternyata bertentangan dengan aturan Islam, seperti perayaan nisfu Sya’ban dengan ritual mandi bersama di sungai dan ritual ziarah ke makam waliyullah dengan membawa sesajen dan membakar kemenyan.
Seperti apakah ritual malam nisfu Sya’ban yang diajarkan Rasulullah Saw.?
- Sebenarnya bolehkah melaksanakan acara tahlilan?
- Apakah bayi yang belum diaqiqah, akan “tergadai”?
- Bolehkah menyembelih seekor kambing saat mengaqiqahkan bayi laki-laki?
- Benarkah merayakan Maulid Nabi merupakan bukti kecintaan kepada Rasulullah Saw.? Ustad Ahmad Bisyri hadir menyuguhkan buku ini kepada masyarakat untuk menjawab aneka pertanyaan seputar ritual tradisi Islam. Buku ini akan memandu masyarakat agar tercerahkan dalam menghadapi berbagai permasalahan tradisi Islam yang masih diperdebatkan.
Rp 60.000
Rp 48.000Rp 48.000

Pengantar Ushul Fikih (Kautsar)

Detail

Judul             : Pengantar Ushul Fikih (Kautsar)
Penulis  : Dr. Abdul Hayy Abdul Al
Penerbit  : Pustaka Al Kautsar 
Isi : 344 Halaman 
ISBN : 978-979-592-6887
Ukuran               : 15.5 cm x 24.5 cm 

Sinopsis

Ilmu Ushul Fikih merupakan ilmu yang mulia kedudukannya dan agung pengaruhnya. Ilmu ini senantiasa dibutuhkan oleh pakar fikih (faqih), pakar hadits (muhaddits) pakar tafsir (mufassir) juga semua orang yang sedang memelajari ilmu syar'i. Sebab, masing-masing mereka perlu mengetahui hukum-hukum syar'i dan tatacara pengambilan hukum dari dalilnya.

Ilmu ini tidak hanya diperlukan dalam memahami teks-teks yang terdapat dalam Al-Qur'an maupun hadits, tetapi juga untuk menetapkan hal atau peristiwa yang belum ada hukumnya dalam teks tersebut. Oleh karena itu, seseorang tidak mungkin dapat memahami hukum Islam dengan tepat tanpa memahami ilmu ushul fikih. Buku yang ditulis oleh Dr. Abdul Hayy Abdul 'Al ini menghimpun seluruh istilah dan konsep yang dikandung dalam ilmu ushul fiqh.

Rp 121.000
Rp 108.900Rp 108.900

Shahih Fiqih Wanita (Akbar Media)

Buku "Shahih Fiqih Wanita, Lengkap Membahas Masalah Wanita"

Penulis: Syaikh Muhammad Al-Utsaimin

Wanita merupakan salah satu fondasi yang paling penting dalam bangunan kehidupan ini. Agama Islam selalu mengangkat derajat mereka dan tidak pernah meremehkan kedudukan mereka. Tapi akal yang kerdil, pemahaman yang dangkal dan pemikiran sempitlah yang telah menodainya.

Diantara kebaikan yang paling utama bagi wanita adalah mempelajari hukum-hukum agama, syariat-syariat, dan kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepadanya. Mereka membutuhkan kepada cahaya dan ilmu dimana mereka juga merupakan individu yang memiliki beban sebagaimana laki-laki. Karena dengan ilmu insya Allah akan mengetahui hukum-hukum Allah dan amal perbuatan setiap individu wanita yang mukallaf (orang Islam yang sudah dibebani perintah dan larangan) adalah jaminan mutu bagi diterimanya amal ibadah di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala, terjaganya ajaran agama dari noda-noda bid'ah, kerancuan pemahaman dan kesesatan.

Buku Shahih Fiqih Wanita, Lengkap Membahas Masalah Wanita adalah buku fiqih monumental yang memuat segala pembahasan hukum agama yang berkaitan dengan wanita dengan dalil-dalil yang shahih. Dari masalah klasik hingga masalah kontemporer dan dari pembahasan global yang umum menyeluruh hingga bahasan yang khusus terperinci dan mendetail, dan dipadu dengan tanya jawab langsung tentang segala hal yang berhubungan dengan wanita yang bersifat aktual dan faktual dengan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -rahimahullah-. Dan inilah yang menjadi kelebihan kitab Shahih Fiqih Wanita ini dibandingkan kitab fiqih wanita lain yang banyak beredar. Selamat membaca...!

Habis
Rp 49.500
Rp 42.075Rp 42.075

The Pocket Fiqh

Cara Mudah memahami Fiqh dengan Praktis dan Cepat

Detail

Judul  : The Pocket Fiqh
Penulis  : Ahmad Bisyri Syakur, Lc. M.A
Penerbit  : Salamadani
Isi : -
ISBN : 978-602-84-58473
Ukuran           : 10 x 20 cm

Sinopsis

Ilmu fiqih membimbing kita dalam beribadah. Tapi, sudahkan Anda memahami dan menjadikannya sebagai pedoman?

Buku ini membantu Anda memahami ilmu fiqih secara mudah dan praktis. Bentuknya yang mungil memudahkan Anda membawanya ke mana-mana.

Ustad Ahmad Bisyri menguraikan fiqih dengan metode praktis dan modern, yakni penggabungan antara memudahkan pemahaman dan keutuhan substansi. Dalam buku ini, materi fiqih ibadah dibahas dengan lengkap, mulai dari taharah sampai haji, dari shalat sampai fiqih jenazah

Selain itu, buku ini juga membahas isu-isu kontemporer. Di bagian akhir, terdapat tanya jawab masalah-masalah yang sering dipertanyakan di masyarakat. Milikilah buku ini dan bawalah ke mana pun Anda pergi. Insya Allah buku fiqih ini membantu ibadah keseharian Anda.

“Buku ini sangat mudah dipahami, penyusunannya yang unik membuatnya mudah dijadikan referensi berbagai lapisan masyarakat. Sangat baik untuk mendewasakan masyarakat dalam menyikapi perbedaan pandangan fiqih. Layak dibaca dan dimiliki setiap keluarga muslim.” (Habiburrahman El Shirazy, pengarang buku best seller Ayat-Ayat Cinta)

// // //