Robbani Press

Sort By:

Rp 87.000
Rp 69.600Rp 69.600
Kehidupan kita di dunia ini pada hakikatnya adalah bak perjalanan seorang musafir. “Bagaikan pengendara yang berteduh di bawah pohon, setelah itu ia pergi lagi dan meninggalkan pohon itu.” (al Hadist) Dalam perjalanan ini terdapat para pendukung kebaikan yang mengajak manusia kepada kebenaran dan mencegah mereka dari kemungkaran, dan pendukung kebatilan yang mesti terus didakwahi.
Sebagiannya menerima seruan tersebut dan sebagainnya menolak. Mereka yang menerima berpotensi menjadi orang-orang pilihan, yang mampu bersikap zuhud dan berkepribadian rahib di tengah dominasi syahwat, dan materialis saat ini. Orang-orang ini layak mendapat julukan manusia unggul dan terpercaya yang pantas memikul amanah berat dalam kafilah dakwah. Menjadi orang sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “….bagai seratus ekor unta, hampir saja Anda tidak mendapatkan diantaranya (yang layak) menjadi tunggangan. (Muttafaq'alaihi)
Perjalanan mereka mengendarai kereta dakwah, symbol gerbong para aktivis dakwah. Di dalamnya terdiri dari jenis manusia unggul, safarnya kea rah yang tetap dengan langkah yang mantap, tidak dapat dihalangi oleh berbagai penghalang dan tidak menoleh ke belakang. Serta tidak ada yang membelot dari jalan dakwah kecuali yang berpenyakit.
Buku ini mesti dibaca oleh para aktivis dakwah, juga kaum muslimin pada umumnya yang memiliki kepedulian terhadap kondisi umat saat ini. 

Selamat membaca!
Rp 80.000
Rp 64.000Rp 64.000
Tidak ada kalimat yang lebih indah daripada menyeru ke jalan Allah. Sebagaimana firman Allah berikut. “Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang mnyeru kepada Allah, mengerjakan kebajikan dan berkata,'Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?'” (Fushshilat :33)
Rp 42.000
Rp 33.600Rp 33.600
Bersamaan dengan kebangkitan Islam yang merebak ke seluruh penjuru dunia, tumbuh juga persengketaan dan perpecahan, baik dalam bidang pemikiran, metode maupun jamaah gerakan dakwah. Persatuan Islam masih merupakan utopia belaka. Melalui buku ini, Ust. Dr. Yusuf Qaradhawy mencoba memberi pemahaman yang benar tentang perbedaan yang dibolehkan dan perpecahan yang dilarang.
Rp 58.000
Rp 46.400Rp 46.400
Sesungguhnya, potensi umat Islam, sangat besar. Hanya saja, masih sering terjadi disalokasi potensi akibat tidak adanya pemahaman mengenai prioritas amal perbuatan. Dr. Yusuf Qardhawi dalam bukunya ini membantu kita bagaimana merumuskan prioritas amal perbuatan. Setiap muslim, khususnya yang aktif dalam organisasi keislaman, selayaknya membaca gagasan-gagasan Dr. Yusuf Qardhawi yang tertuang dalam buku ini.
Rp 85.000
Rp 68.000Rp 68.000
Tema halal dan haram merupakan masalah yang sangat penting bahkan memiliki implikasi keimanan dalam kehidupan setiap muslim sepanjang zaman. Dengan penuh rasa syukur, kami hadirkan kepada sidang pembaca buku Halal dan Haram (karya Dr. Yusuf Qardhawi) dilengkapi dengan takhrij hadits oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani.
Rp 45.000
Rp 36.000Rp 36.000
Dakwah tak pernah sepi dari hambatan. Lewat interaksi dakwahnya yang dalam bersama gerakan Islam terbesar abad ini (Ikhwanul Muslimin), 
Penulis buku ini berhasil membukukan berbagai pengalaman para ulama dakwah dalam meniti jalan dakwah, sehingga buku ini lebih merupakan rangkuman pengalaman ketimbang kumpulan teori. 
Di sinilah keistimewaan buku ini, dibanding buku-buku dakwah yang biasa Anda baca selama ini.
Dakwah merupakan tugas berat bagi parada'i dan kader dakwah. Namun bukan berarti boleh dihindari, karena dakwah disamping menantang sekaligus tugas mulia. Dengan demikian amanah ini mesti dilaksanakan dengan kerja keras,sungguh-sungguh dan perencanaan yang matang.
 
Seorang da'i yang hendak memasuki kancah dakwah, pasti dihadapkan kepada obyek dakwah (mad'u) yang beragam. Keberagaman itu adalah perbedaan intelektual, status sosial, karakter, kecenderungan dan lain-lain. Bahkan problematika mereka juga beragam, tergantung kondisi masing-masing.
Rp 93.000
Rp 74.400Rp 74.400
Ada tiga siyasah (kebijakan) yang harus dibuat dengan benar dan dijaga keseimbangannya, bila dakwah Islamiyah ingin sukses menapaki perjalanannya yang berat dan penuh tantangan di era keterbukaan ini. 
Pertama, siyasah kharijiyah (kebijakan eksternal) yang menentukan karakter-karakter hubungan dakwah dengan pemerintah, partai-partai dan kelompok-kelompok lain. 
Kedua, siyasah dakhiliyah (kebijakan internal) yang membangun bentuk organisasi dan menetapkan syarat-syarat keanggotaan dan kepemimpinan, serta hak dan kewajiban para dai. 
Ketiga, siyasah tarbawiyah (kebijakan pembinaan) yang memilih berbagai metode pelajaran untuk para da'i dan pembekalan mereka dengan berbagai macam keahlian, serta metode penempaan moral dan penumbuhan sifat-sifat imaniyah pada diri mereka. 
Buku al-Masar ini, sebagaimana ditegaskan oleh penulisnya, tidak bisa dipahami secara terpisah.
Rp 26.000
Rp 20.800Rp 20.800
Harus diakui, kerja dakwah masih dianggap asing oleh banyak orang. Publik sering berasumsi bahwa tugas dakwah hanya diemban oleh da'i ustadz, kiyai, atau ulama. 
Namun tantangan dakwah kita tak hanya bersifat internal, tapi juga eksternal. karena konstelasi politik dunia kini pun cenderung berpihak pada keinginan Barat (baca: anti-Islam).

Kondisi ini menuntut para da'i dan aktivis Islam agar makin kreatif dalam merumuskan kembali khitah (langkah dan strategi), sehingga kehidupan bisa berpihak padanya. "Hanya saja harus diingat, bahwa kehidupan itu dimiliki oleh orang yang menciptakannya!" Demikian pesan Muhammad Ahmad ar-Rasyid, sang konseptor Manhaj Tarbiyah Islamiyah Mu'ashirah (Manhaj Tarbiyah Islam Kontemporer), di salah satu bagian bukunya ini. 

Dengan didukung oleh kepiawaiannya bertutur dan gagasannya yang hebat, penulis mencoba menjaring seluruh kekuatan dan profesi keahlian manusia untuk "membuat kehidupan" ini. Karena dari sanalah akan terbentang pintu-pintu kebaikan yang berlimpah.
Rp 35.000
Rp 28.000Rp 28.000
Aktifis dakwah yang sesungguhnya, adalah orang yang paling banyak ibadahnya kepada Allah, tunduk, taat dan merendahkan diri d i hadapannya. (hal 69). Sangat disayangkan sekali karena orang-orang yang lengah itu meninggalkan dunia, tetapi belum berhasil menikmati lezatnya dunia. Apakah kelezatan dunia itu ? Ia adalah mencintai Allah dan kenikmatan dalam bermudajat kepadanya. (hal. 70). 
Saya tidak pernah menyesali sesuatu lebih dalam dari menyesali suatu hari, dimana matahari sudah terbenan dan umur saya berkurang, namun amal saya tidak bertambah. (hal 139). 
Kini, kalian masih belum dikenal. Kalian baru masuk pada fase persiapan untuk memasuki jalan dakwah dan merealisasikan tuntutannya, berupa jihad dan perjuangan (hal 233). 
Sementara pribadi yng suka menutup diri dan hubungan sosialnya rendah, tidak pernah dibebani pekerjaan. Akibatnya, mereka akan selalu minder dalam melaksanakan tugas dakwah, hilang kepercayaan diri mereka, dan takut akan tanggung jawab (hal 243). 
Dia tidak boleh merasa puas jika tidak memimpin, tidak berbuat, tidak berjihad, dan tidak berada di garis paling depan dalam segala kegiatan. terlambat dalam bentuk apapun adalah berbahaya bagi fiqrah kami dan bertentangan dengan ajaran kami (hal 244). 
Ketika seseorang al-akh bergabung dengan ikhwan, ia diharuskan menyucikan jiwa, meluruskan tingkah laku, mempersiapkan akal, jiwa, dan raganya untuk jihad dan perjuangan panjang di masa yang akan datang (hal 245).
Rp 73.000
Rp 58.400Rp 58.400
Berasal dari thesis yang diajukan untuk meraih gelar MA di Universitas Madinah (lulus dengan nilai Imtiyaz /excellent).
Membahas sistem jama’ah dalam gerakan Islam, proses terbentuknya Jama’atul Muslimin yang pertama di masa Rasulullah saw, beserta rambu-rambu jalan menuju kepadanya, kemudian membandingkannya dengan jama’ah-jama’ah pada masa sekarang.
Rp 25.000
Rp 20.000Rp 20.000
Dua puluh prinsip Ikhwanul Muslimin merupakan khulashah (ringkasan) terpenting dari hasil kajian yang mendalam tentang ilmu-ilmu Al Qur'an dan As Sunnah, ushul fiqih, ushuluddin, fiqih, dan tasawuf, disertai dengan pencernaan rasio yang benar-benar faham. 

Jelajahilah pemikiran-pemikiran Ikhwanul Muslimin melalui buku ini, yang merupakan syarah dari prinsip pertama Ushul ‘Isyrin, yaitu Totalitas Islam
Rp 24.500
Rp 19.600Rp 19.600
Saya hidup serba materi, glamour dan suka pamer telah menjauhkan kaum muslimin dari kehidupan akhirat. Ditambah gaya hidup mereka yang permisif. Memilukan! Jiwa-jiwa ringkih menggerogoti mereka dan bisa menyeretnya ke pintu neraka. Naudzubillah min dzalik. 

Di tengah kegersangan hidup yang demikian diperlukan solusi tazkiyah guna membersihkan mereka dari kotoran-kotoran materi dan maksiat. Sibghah (celupan) Allah akan mampu memberikan warna kehidupan baru, berupa milieu akhirat. Dimana suasana hidup dunianya adalah cermin kehidupan akhiratnya. 

Buku ini merupakan solusi alternative tersebut. Di dalamnya berisikan seri keteladanan orang-orang pilihan dari kalangan sahabat, tabiin, tabiut tabiin dan para shalihin. Hadir dalam wujud sikap hidup, ucapan dan perbuatan. Menarik!
Rp 65.000
Rp 52.000Rp 52.000
Kesalahan, kekeliruan dan kekhilafan adalah tabiat manusia. Penyimpangan perilaku ini bisa dilakukan oleh siapa pun, baik dia seorang muslim biasa, ustadz, aktivis dakwah, maupun murabbi . Bahkan qiyadah (pimpinan) dakwah juga bisa mengalami/melakukannya. Karena mereka bukanlah malaikat yang bersih dari kesalahan. Untuk itu pada saat perilaku ini muncul, karena kekhilafannya, diperlukanlah nasihat. Aib seseorang bukanlah untuk dibicarakan sehingga menjadi konsumsi publik alias ghibah . 

Siapa pun yang memiliki aib karena kekhilafannya dia berhak mendapat nasihat dari kita sesama muslim. Tentunya kita berharap nasihat tersebut bisa diterima oleh yang bersangkutan dan mau memperbaiki kesalahannya. Seseorang akan mudah menerima nasihat dari kita apabila nasihat tersebut disampaikan dengan cara bijak dan santun. Sebaliknya apabila nasihat tersebut disampaikan dengan cara kasar apalagi ada rasa kebencian, maka akan sangat sulit nasihat tersebut bisa diterima. 

Buku ini secara khusus berisi nasihat-nasihat untuk para aktivis dakwah dan kaum muslimin pada umumnya. Selamat membaca
Rp 32.000
Rp 25.600Rp 25.600
Bila hati merupakan parameter utama dari baik-buruknya seseorang, maka ikhtiar untuk menempa hati agar cenderung kepada kebaikan merupakan amal yang sangat agung. Buku ini patut dibaca bukan hanya karena ditulis oleh orang yang piawai dalam menyelami hati manusia, karena mujahadah dan sepak terjangnya yang panjang di medan dakwah, tetapi juga karena karya ini bisa memberikan pencerahan pada hati anda.
Rp 90.000
Rp 72.000Rp 72.000
Di antara keunggulan syariat Islam adalah penerapannya yang dinamis, fleksibel dan universal. Berlaku bagi semua manusia di semua tempat dan zaman serta mampu memenuhi semua kebutuhan umat manusia. Ini diakui para pakar hukum Barat sebagaimana ditetapkan oleh mereka dalam suatu konferensi undang-undang internasional di Lahai tahun 1938, "bahwa syari‘at Islam dinilai sebagai salah satu sumber legislasi umum, dan bahwa syari‘at Islam merupakan aturan yang dinamis dan fleksibel, mampu berkembang, dan berdiri sendiri tanpa diambil dari sumber lain.

" Sedemikian rinci dan mendalam syariat Islam mengatur kehidupan manusia sehingga tidak ada satu pun aspek kehidupan yang luput dari perhatiannya. Maka, memahami syariat Islam lebih detail merupakan suatu tuntutan. 

Buku ini merupakan referensi utama dari tuntutan tersebut. Pembaca akan terbelalak matanya setelah mengetahui keluasan dan keluwesan syariat Islam melalui buku ini. Selamat membaca!
Rp 35.000
Rp 28.000Rp 28.000
Perikehidupan generasi salafush-shaleh, khususnya generasi tabi'in, bagaikan mata air yang tidak pernah henti memancarkan air. Pribadi mereka sarat dengan nilai-nilai yang melimpah. Mereka laksana sumur yang tidak pernah kering sekalipun banyak ditimba. 

Buku ini berisi riwayat 28 orang tokoh di kalangan tabi'in yang perikehidupannya patut kita contoh. Para pembaca akan menemukan banyak kisah yang menjadi kebutuhan kaum Muslimin. Kisah-kisah ini susah dijumpai dalam kehidupan zaman sekarang ini kecuali pada perjalanan salafush-shaleh rahimahumullah.
Rp 15.000
Rp 12.000Rp 12.000
Keberhasilan dakwah Islam bergantung pada sejauh mana para pendukungnya berpegang teguh kepada keaslian ghoyah (tujuan) ahdaf (sasaran), dan khiththah (garis perjuangan). Penyimpangan dalam bentuk apapun dan sekecil apapun tak boleh dibiarkan karena bisa berkembang menjadi besar dan membahayakan gerakan dakwah.
Rp 15.000
Rp 12.000Rp 12.000
Bila iman telah merasuk kedalam jiwa dan pikiran seorang mu'min, ia akan memberikan kelezatan yang tidak bisa dirasakan kecuali oleh orang telah mendapatkannya, membuat ringan segala beban kehidupan, membuat manis segala kepahitan, dan membuat lapang segala kesumpekan. 

Itiulah salah satu barometer keimanan yang dijelaskan oleh buku kecil ini. Semoga anda termasuk orang yang berhasil meraih kelezatan iman.
Rp 28.000
Rp 22.400Rp 22.400
Sabar termasuk salah satu sifat yang mutlak diperlukan setiap Muslim dalam menjalani kehidupan yang penuh cobaan ini. Dr. Yusuf Qaradhawi, melalui buku ini, membantu kita dalam memahami sifat sabar dan bagaimana mewujudkan kesabaran dalam kehidupan kita. semoga kita sukses mewujudkan sifat yang sangat penting ini dalam diri kita.
Rp 20.000
Rp 16.000Rp 16.000
Banyak orang shalih di sekitar kita. Peran mereka sangat dibutuhkan dalam ber-amar ma'ruf nahi mungkar dan mengangkat derajat kaum Muslimin.
Namun sayang, banyak dari mereka keshalihannya masih sebatas keshalihan individu.

Padahal umat sangat berharap terhadap peran mereka. Buku ini mencoba mengungkap fenomena ketidakberdayaan mereka, sebab, dan bagaimana ilaj (mengobati)nya.
Rp 34.000
Rp 27.200Rp 27.200
Di antara penopang utama peradaban Islam setelah akidah adalah ilmu. Ilmu menjadi kunci utama mejunya peradaban Islam di masa lalu. Namun sejak tercerabutnya tradisi keilmuan dari dada kaum muslimin, sejak itulah umat Islam tertinggal dalam segala hal. Padahal al-Qur'an merupakan inspirator utama tradisi keilmuan. Kandungannya tidak pernah kering dari dasar-dasar ilmu dan teknologi. Ayat-ayatnya senantiasa merangsang pembacanya untuk menggali potensi dari berkarya secara maksimal.

 
Rasulullah sendiri senantiasa memberikan apresiasi terhadap para sahabatnya yang memiliki potensi-potensi tertentu. Sebagaimana yang kita ketahui dalam sirah banyak dari kalangan para sahabat yang memiliki spesialisasi dalam bidang-bidang tertentu. Rasulullah juga memberikan dorongan, dukungan dan pengakuan terhadap prestasi mereka.
Islam memberikan kebebasan kepada setiap individu muslim untuk melejitkan potensi dirinya. Islam juga tidak pernah mengkangnya selama itu dalam rangka ubudiyah (pengabdian) kepada Allah serta berorientasi kepada kemaslahatan umat bukan kemudharatan (bahaya).
Rp 45.000
Rp 36.000Rp 36.000
Maka banyak diantara kaum muslimin yang memiliki kelayakan untuk ikut mengemban tugas dakwah, sekiranya mereka memiliki kesadaran dan motivasi untuk itu. Mereka bagai tambang emas yang belum digali. Jika telah mendapatkan sentuhan yang tepat, mereka bisa memeberikan kontribusi dalam mempercepat gerak laju perubahan umat. Namun upaya menumbuhkan kesadaran dan motivasi ini tidaklah mudah. Memerlukan kearifan, ilmu dan pengalaman. Terutama pada tahap-tahap awal memulai langkah dakwahnya, ia memerlukan titik tolak atau permulaan yang kuat, insya Allah ia akan terus bersemangat hingga akhir. Tetapi bila titik tolaknya lemah, bisa jadi ia berhenti di tengah jalan. Padahal di jalan dakwah ini tidak boleh ada orang yang berhenti atau putus di tengah jalan, karena sangat berbahaya, baik bagi kehidupan pribadinya maupun bagi ummat.


Buku ini ditu;is oleh penulisnya, Syaikh Muhammad Ahmad ar-Rasyid, untuk tujuan tersebut. Baik untuk para pemula yang ingin memulai langkahnya, ataupun bagi para senior yang ingin mempertahankan eksistensinya di jalan dakwah hingga nafas terakhir. Semoga buku ini mampu menggerakkan yang diam dan memacu yang tengah berjalan hingga akhir tujuan.
Rp 34.000
Rp 27.200Rp 27.200
Sekarang ukhuwah sudah menjadi utopia yang sulit digapai, keretakan menjadi problema akut yang menimpa nyaris semua elemen umat, sehingga potensi besar yang dimilikinya menjadi mandul. Bagaimana mendiagnosis dan mengobati penyakit umat ini? Dengan pengamatan sosial yang tajam dan penguasaan dalil-dalil syar'i, penulis mencoba menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk mengobati penyakit tersebut.
// // //