Abu Bakar As Siddiq

  • Rp 59.500 Rp 70.000
IDR 59500
  • Availability: In Stock
Quantity

Abu Bakar As Siddiq

( Sebuah Biografi Dan Studi Analisis tentang Permulaan Sejarah Islam Sepeninggal Nabi )

Detail 

Judul  : Abu Bakar As Siddiq 
Penulis  : Muhammad Husain HAEKAL  
Penerbit     : Litera AntarNusa
Isi : 422 Halaman
ISBN : 978-979-8100-291
Ukuran : 16 x 24 x 3 cm

Sinopsis

Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya uslub pengarang yang terkenal khas.

Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang dianjurkan Nabi dipertahankan oleh para sahabat; bagaimana Abu Bakr, Umar; dan Khalid sebagai jenderal ang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh displin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat kepemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan displin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenai Khalid bin al-Walid, 'Amr bin al-'As, sekaligus dapat kita lihat Islam di barat daya masa itu.

Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psikologi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

Dengan membaca Sejarah Hidup Muhammad sedikit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biografi yang teliti dan punya kesabara mengamati sampai soal-soal yang sekecil-kecilnya. Soal pengumpulan Qur'an dibahasa terinci. Tidak sekadar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep negara dan pemerintahan Islam, dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam juka setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya? Itulah pertanyaaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini...

// // //